Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prabowo Pilih Sandiaga sebagai Cawapresnya, Singkirkan AHY
Oleh : Irawan
Jum\'at | 10-08-2018 | 08:28 WIB
prabowo_sandi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Deklarasi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu akhirnya memilih Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno untuk mendampingi dirinya bertarung melawan pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Pasangan ini didukung tiga partai, yakni Partai Gerindra, PKS dan PAN. Sedangkan Partai Demokrat batal berkoalisi, karena Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak dipilih sebagai calon wakil presiden (cawapres)-nya.

Kepastian nama Sandiaga didapat setelah Prabowo mengumumkan namanya pada Kamis (9/8/2019) malam deklarasi pasangan Prabowo-Sandiaga di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Tiga parpol PKS, PAN dan Gerindra telah memutuskan dan memberi kepercayaan kepada saya, Prabowo Subianto dan saudara Sandiaga Salahuddin Uno untuk maju sebagai calon presiden dan cawapres RI untuk masa bakti 2019-2024," ucap Prabowo dalam pidato deklarasi di Jalan Kartanegara Jakarta.

Menurut Prabowo, keputusan ini tidak mudah dan melelahkan karena berproses selama berhari-hari. Pihaknya pun mengakui terus berunding dengan partai-partai lainnya termasuk dengan Demokrat untuk membangun koalisi besar menyelesaikan masalah pelik di Tanah Air.

"Saya terus berusaha menjalin kepercayaan kerja sama yang erat, saya ketemu Ibu Puan Maharani, ketemu senior saya SBY untuk koalisi besar mencari jalan keluar penyelesaian masalah mendasar bangsa Indonesia," ujarnya.

Prabowo berharap, dengan koalisi yang terbangun saat ini ia dan Sandiaga Uno bisa menyelesaikan masalah besar seperti mengalirkan kekayaan bangsa, kesejahteraan banyak yang sistemik hingga tidak meratanya kekayaan di Tanah Air.

"Kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua adalah kepercayaan yang sangat besar dan kami sebagai anak bangsa dan insan hamba Allah memohon kekuatan Yang Maha Kuasa Allah SWT agar kami tidak mengecewakan," katanya.

Sandiaga langsung meminta doa restu untuk mendampingi Prabowo Subianto.

"Singkat saja, kami mohon doa restu untuk menghadirkan pemerintahan yang kuat dan kemandirian bangsa," ucap Sandiaga. "Dengan pemerintahan yang bersih," sebut Sandiaga.

Sandi juga menyampaikan duetnya bersama Prabowo akan membuka lapangan kerja. Selain itu, dia menjanjikan harga-harga terjangkau serta stabilitas harga pangan.

Turut hadir di acara tersebut, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Presiden PKS Sohibun Iman, Amien Rais, Sudirman Said dan sejumlah petinggi partai koallisi.

Nama Sandiaga sudah beredar kencang dua hari terakhir sebagai cawapres Prabowo. Nama dia menguat mengalahkan nama-nama calon yang sudah lebih dulu beredar, seperti Ustaz Abdul Somad, Salim Segaf Al Jufri, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Editor: Surya