Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bisnis Bidang Pariwisata di Batam Kian Menjanjikan
Oleh : Suci Ramadhani
Kamis | 09-08-2018 | 16:28 WIB
travel1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wisatawan sedang menikmati destinasi wisata pantai di Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam memang tengah berkembang menjadi kawasan pariwisata. Dengan keindahan laut yang luar biasa, tidak heran banyak yang menjadikannya sebagai ladang bisnis.

Owner dari Galang Bahari Trip & Travel, Zakaria menjelaskan dalam membuka bisnis di bidang pariwisata, hal yang perlu dipahami adalah tempatnya. Kita bisa pilih pulau-pulau yang sudah kita kenali sebelumnya, tidak hanya dari alam tetapi juga masyarakat yang ada di sana.

"Jadi kita tidak hanya fokus bisnis saja, tetapi saat bangun bisnis jalan-jalan ke pulau dan menikmati keindahannya kita bisa bekerja sama dengan warga tempatan untuk ikut bekerja di tempat bisnis kita," ungkap Zakaria, Kamis (9/8/2018).

Setelah mengenal pulau yang akan dijadikan tempat untuk berwisata alam, hal yang tidak bisa ketinggalan adalah modalnya. Zakaria mengatakan bahwa modal utama untuk menjalani bisnis pariwisata terutama ada snorklingnya adalah sekitar Rp50 juta dan alat alat snorkling yang perlu disiapkan sekitar 20 paket snorkling.

"Kalau untuk pompong atau boat bisa disewa dulu sembari mengumpulkan modal lagi untuk membelinya. Dan kita juga butuh guide. Ada baiknya guide dari anak anak pulau yang sudah tau dan paham dengan pulau tersebut, selain itu juga cari yang bersertifikat," ungkapnya di Kantor Galang Bahari Trip & Travel, Komplek Ruko Office Kepri Mall.

Hal yang menjadi kesulitan saat membuat bisnis pariwisata adalah mencari tamu dan menyakinkan tamu untuk menggunakan jasa tour saat di pulau. Zakaria mengatakan bahwa perlu yang namanya bantuan secara online dan offline.

"Online kita bekerja sama dengan berbagai media sosial yang ada dan secara offline bisa bekerja sama dengan sekolah sekolah dan perusahaan yang ada. Bisa dari selebgram, website, instagram, hingga mengajak kerja sama dengan tour and travel," katanya.

Saat mulai berbisnis, tentu tidak bisa langsung berhasil. Maka perlu yang namanya kerja keras dan usaha dalam membangun sebuah bisnis. Sekitar empat sampai enam bulan, kemungkinan bisnis mulai bisa berjalan dengan baik.

Seperti yang dikatakan oleh Arreza, salah satu founder Modelux ini tertarik berbisnis dibidang pariwisata karena meningkatkan pilihan wisatawan, mempercantik destinasi tempat wisata menjadi lebih baik.

"Karena awalnya suka ke pulau pulau, dan nulis blog. Banyak yang nanyak, jadi kenapa tidak mencoba untuk ikut andil. Karena Batam banyak pulau pulau," ujarnya.

Editor: Yudha