Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PAN Kepri Dukung Jokowi 2 Periode, Ogah Dukung Prabowo
Oleh : Irawan
Kamis | 09-08-2018 | 08:04 WIB
bendera_PAN.jpg Honda-Batam
Partai Amanat Nasional

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kepulauan Riau (Kepri) mendukung pencalonanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dua periode, jelang pelaksanaan rakernas dukungan dalam Pilpres 2019. Dukungan itu diteken Ketua DPW PAN Kepri yang juga Bupati Natuna Hamid Rizal dan Sekretaris DPW PAN Sukriadi.

Surat dukungan PAN Kepri kepada Jokowi itu beredar luas dunia maya. PAN sendiri saat ini masih bersikap mendua, mau mendukung Jokowi atau Prabowo Subianto. Padahal saat ini ada menteri dari kader PAN di pemerintahann Jokowi, yakni Asman Abnur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB). Sementara manuver-manuver PAN berseberangan dengan pemerintahan Jokowi dan cenderung ke Prabowo.

Namun, dukungan DPW PAN Kepri kepada Jokowi tentunya bukan tanpa alasan kuat, karena Asman Abnur adalah putera daerah Kepr. Mantan Wakil Wali Kota Batam itu, selama inilah yang menyumbang kursi PAN di DPR selama dua kali pemilihan. Bahkan dalam Pemilu Legislatif 2019, Asman maju sebagai bakal caleg dari daerah pemilihan Kepri.

Jika tak dukungan Jokowi, bukan mustahil Asman akan segera kehilangan kursinya sebagai menteri dan dicopot sebagai Menteri PAN. Lebih jauh lagi, PAN dalam Pemilu 2019 tidak akan mendapatkan kursi di DPR yang selama ini menjadi ladang untuk mendapatkan kursi di parlemen.

Terkait dukungan ke Jokowi ini, Ketua DPW PAN Kepri Hamid Rizal dipanggil DPP PAN, bahkan DPW PAN lainnya juga ikut langsung turun tangan. DPP PAN paksa Hamid Rizal mengubah dukungan dari Jokowi ke Prabowo. DPP PAN meminta DPW PAN membuat surat dukungan lagi ke Prabowo.

"Surat Kepri itu ada dua versi, yang pertama memang mereka minta kita ke Jokowi," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto di DPP PAN, Jl Senopati, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Pengurus DPW PAN Kepri lalu diajak berdiskusi secara mendalam. Lalu mereka menerbitkan surat lagi, yang isinya memahami pilihan mayoritas di PAN.

"Ada surat yang lain setelah kita ajak diskusi secara mendalam, termasuk DPW lain berdiskusi dengan teman-teman di Kepri, mereka juga memahami dan bisa menerima kalau teman-teman DPW lain bahwa kita ke Prabowo," ujar Yandri.

Ketua DPW PAN Kepri Hamid Rizal dalam suratnya mengatakan, sehubungan dengan surat dari DPP PAN Nomor PAN/Und/A-KU-SJ/099/VII/2018 tertanggal 31 Juli 2018 perihal Undangan Rakernas PAN Tahun 2018 dan terhadap instruksi DPP PAN kepada DPW PAN seluruh Indonesia sebagaimana telah diamanatkan di dalam surat undangan tersebut, maka dengan ini kami sampaikan sebagai berikut.

"Mengamati kinerja pemerintah yang telah berjalan saat ini khususnya di Provinsi Kepulauan Riau yang telah banyak membawa perubahan ke arah yang lebih baik, serta menyikapi dinamika politik yang berkembang di Provinsi Kepulauan Riau menjelang Pileg dan Pilpres 2019, maka DPW PAN Provinsi Kepulauan Riau beserta seluruh jajaran pengurus PAN yang berada dibawahnya telah sepakat untuk mendukung Bapak IR H Joko Widodo kembali memimpin Pemerintahan Republik Indonesia untuk periode 2014-2019," kata Hamid.

Demikian hal ini disampaikan, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi keputusan kami. Dewan Pimpinan Wilayah PAN Prov Riau. Ketua Drs. H Abdul Hamid Rizal dan Sekretaris H Sukriadi.

Editor: Surya