Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perhatikan Tiga Poin Penting Ini Ketika Modifikasi Audio Mobil Anda
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-08-2018 | 12:52 WIB
audio-mobil-modif1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Cukup banyak pemilik mobil merasa kurang puas dengan kualitas suara audio standar. Modifikasi pun menjadi pilihan menggunakan produk yang tersedia di pasaran sesuai dengan isi kantong.

Namun, dalam pemasangannya, pemilik kendaraan harus memastikan teknisi yang menanganinya punya keahlian khusus dalam memodifikasi sistem audio. Pertama yang perlu diperhatikan adalah instalasi listrik kendaraan. Ini wajib dilakukan untuk mencegah korsleting saat pemakaian.

"Audio aman jarang terjadi (terbakar) kalau memang benar kabel dan pemasangannya sesuai. Selama sesuai ya tidak masalah," kata Manajer Produk Pioneer Adi Wijaya saat ditemui di perhelatan Gaikindo Indonesia Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Ia menekankan untuk mengubah performa audio seharusnya seluruh instalasi listrik terpasang dengan benar contoh antara kutub positif dan negatif. Kemudian pastikan juga bahwa jumlah kabel yang dipakai cukup, jangan berlebihan justru membuat kabel 'keriting' di dalam kabin.

Setelah itu perhatikan tata letak atau biasa disebut treatment untuk power, subwoofer, instalasi dan komponen lain. Menurut dia, teknik tersebut biasa dipakai oleh mekanik dealer kendaraan resmi.

Pengaturan posisi komponen-komponen tersebut juga turut menentukan kualitas suara di kabin kendaraan.

"Tapi dari head unit seperti pada produk kami itu sudah safety. Ada sekring di sana. Jadi kalau ada masalah tertentu pasti sekringnya dulu yang putus. Nah itu harusnya tidak sampai terbakar," jelas Adi.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha