Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timnas Indonesia dan Thailad Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16
Oleh : Redaksi
Minggu | 05-08-2018 | 08:32 WIB
timans_u16.jpg Honda-Batam
Pemain Timnas U-16 meluapkan kegembiraan usai menjebol gawang Timor Leste

BATAMTODAY.COM, Sidoarjo - Timnas U-16 Indonesia dan Thailand sudah memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2018. Timnas U-16 Indonesia menjadi tim terbaru yang lolos ke semifinal setelah meraih kemenangan 3-0 atas Timor Leste pada pertandingan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018).

Dengan koleksi 12 poin dari empat laga Grup A, Timnas Indonesia dipastikan takkan tergeser oleh Myanmar maupun Vietnam yang sama-sama mengoleksi 9 poin.

Sekalipun masih menyisakan satu laga, posisi Indonesia takkan keluar dari dua besar. Hal itu dikarenakan Myanmar dan Vietnam akan saling berhadapan pada laga pamungkas, 6 Agustus 2018.

Sementara itu, Thailand telah lebih dulu memastikan diri lolos dari Grup B. Mereka menjadi tim pertama yang lolos setelah menang 3-1 atas Singapura, Jumat (3/8/2018). Thailand mengoleksi 9 poin dari tiga laga. Posisi mereka aman karena para pesaing akan berhadapan pada dua laga sisa, yaitu Laos vs Malaysia pada 7 Agustus 2018.

Indonesia menyisakan satu laga lagi melawan Kamboja pada 6 Agustus 2018. Adapun Thailand masih menghadapi Laos pada 5 Agustus 2018. Adapun empat tim yang sudah dipastikan tersisih dan tak mungkin lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2018 adalah: Kamboja, Timor Leste, Filipina (Grup A) dan Brunei (Grup B).

Kalahkan Timor Lestera
Pada laga keempat Grup A yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (4/8/2018) malam WIB, berhasil mengalahkan Timor Leste 3-0. Indonesia melakukan sejumlah perubahan menyusul kartu merah Bagas Kaffa di laga kontra Vietnam. Kartika Vedhayanto Putra mengisi posisi Bagas.

Selain itu Yadi Mulyadi dan Hamsa Lestaluhu dipasang oleh pelatih Fakhri Husaini di lini serang menemani striker utama Bagus Kahfi.

Sayangnya, dari sejumlah peluang yang didapat oleh Bagus dkk, tak satupun yang membuahkan gol. Banyak peluang terbuang termasuk beberapa kali menghantam mistar.

Pada menit ke-14, tembakan Bagus masih bisa diamankan oleh kiper Timor Leste. Tiga menit kemudian Bagus membuang peluang emas ketika berdiri bebas menanduk bola di depan gawang kosong, tapi malah melayang ke atas mistar.

Indonesia sempat mengklaim gol di pertengahan babak pertama ketika tembakan bebas Kartika Vedhayanto melewati garis gawang Timor Leste setelah sempat membentur mistar gawang. Tapi, wasit menyatakan bola belum sepenuhnya melewati gawang. Babak pertama pun tuntas dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Indonesia masih main dengan intensitas tinggi. Gol yang dinanti tim besutan Fakhri Husaini datang pada menit ke-49.

Bagus Kahfi mencatatkan namanya di papan skor setelah menyambar umpan silang M. Salman dari sisi kiri. Bola sepakan Bagus di muka gawang Timor Leste gagal dibendung kiper Marcio Dores.

Indonesia tak menurunkan intensitas serangan setelah unggul 1-0. Mereka makin agresif membombardir pertahanan Timor Leste dari sisi kiri lewat umpan silang, namun tak ada membuahkan gol tambahan sampai menit ke-60.

Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-73. Sutan Zico, yang masuk di babak kedua melesakkan gol setelah menyambar umpan tarik Bagus dari sisi kanan.

Di masa injury time, Bagus memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 3-0. Dia melesakkan gol setelah lebih dulu mengecoh pemain belakang lawan. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Indonesia kokoh di puncak Grup A dengan 12 poin dari empat laga. Indonesia juga memastikan diri melaju ke babak semifinal, setelah poin mereka dipastikan hanya bisa disusul salah satu dari Vietnam atau Myanmar, yang secara berurutan ada di posisi kedua dan ketiga dengan sembilan poin. Vietnam dan Myanmar akan saling berhadapan di laga terakhir fase grup.

Indonesia masih akan menyisakan satu laga lagi melawan Kamboja. Laga tersebut akan berlangsung pada 6 Agustus di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Editor: Surya