Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bandara Hang Nadim Batam Ajukan Penambahan 80 Petugas Avsec
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 04-08-2018 | 16:52 WIB
suwarso-bp1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penjagaan dan pengawasan di Bandara Hang Nadim Batam akan lebih ditingkatkan lagi. Menyusul kini ada penambahan personel untuk petugas Avsec bandara.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso mengatakan, dari sekitar 80-an orang yang dibutuhkan, kini sudah lulus seleksi sebanyak 30 orang. Mereka berasal dari luar Batam, seperti Surabaya, dan sudah berpengalaman di bidangnya.

Sisanya, akan direkrut dari lokal Batam, dan Kepulauan Riau. Nantinya mereka akan menjalani sejumlah seleksi hingga dinyatakan lulus untuk penempatan petugas Avsec di Bandara Hang Nadim.

"Masih kurang sekitar 40an lagi lah paling tidak. Mudah-mudahan tahun ini bisa sampai 60 orang. Kalau tidak, akan mempengaruhi penilaian kita," ujarnya.

Adapun 30 orang yang sudah dinyatakan lulus seleksi itu, rencananya akan tiba di Batam, 6 Agustus ini. Selanjutnya mereka akan menjalani orientasi sebelum mulai bekerja. Suwarso mengatakan, tugas petugas ini tidak hanya untuk mencegah masuknya barang narkoba lewat Bandara Hang Nadim Batam, namun secara umum menjaga keseluruhan keamanan operasional di bandara.

"Semua titik sudah ada petugasnya, tapi kami masih kekurangan anggota," lanjutnya.

Seperti untuk patroli, karena keterbatasan petugas, hanya bisa dilakukan tiga kali dalam satu hari. Mestinya kegiatan itu dilakukan setiap 2 jam sekali. Begitupun untuk X-ray gudang, saat ini baru ditempatkan empat petugas. Mesti delapan orang. Secara keseluruhan petugas yang ada saat ini terdata sebanyak 157 orang.

Sebelumnya diberitakan, manajemen Bandara Hang Nadim berencana menambah petugas Avsec di Bandara. Itu sebagai bagian dari upaya peningkatan pengawasan, khususnya di kawasan bandara. Menyusul maraknya upaya penyelundupan narkoba melalui Batam.

"Kita akan tingkatkan pengawasan di pintu masuk. Kita akan rekrut tenaga Avsec, tentunya yang profesional," paparnya.

Editor: Yudha