Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Status Jomblo Buat Pola Makan Perempuan Jadi Buruk
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-08-2018 | 16:40 WIB
jomblo-makan1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Punya status jomblo alias tanpa pasangan seringkali membuat perempuan jadi bersedih. Tapi, bukan itu, saja, ternyata status jomblo bikin pola makan perempuan jadi buruk? Loh, kok, bisa?

Ya, percaya atau tidak, perempuan berstatus jomblo kerap merasa cuek dengan pola makan sehat.

Ia mungkin merasa hidupnya lebih simpel dan santai tanpa memikirkan perlunya mengonsumsi makanan sehar.

Penelitian terbaru dari Queensland University of Technology menemukan adanya kaitan antara hidup sendiri dengan pola makan yang buruk atau dengan kata lain hidup melajang dengan pola makan buruk. Kesimpulan itu dihasilkan dari penelusuran 41 penelitian sebelumnya.

Efek status jomblo pada pola makan buruk seseorang disebabkan karena tidak memiliki keahlian memasak.

Sehingga, tidak ada teman untuk menemani belanja, kemudian ditambah harga pangan yang mahal dibandingkan membeli jadi, serta tak ada motivasi untuk memasak.

Orang yang melajang cenderung lebih sedikit mengonsumsi ikan, buah dan sayuran. Para pria lajang atau jomblo cenderung lebih buruk pola makannya dibanding perempuan.

"Ini berkaitan dengan budaya dan kurang motivasi untuk menyiapkan makanan sendiri sehingga lebih menyukai makanan cepat saji yang kurang nutrisi," kata Dr. Katherine Hanna yang melakukan penelitian ini.

Ia menambahkan, kemampuan memasak, meski sederhana, bisa membantu seseorang menyiapkan kebutuhan makannya sendiri.

"Misalnya seseorang yang bercerai, yang sebelumnya mengandalkan pasangannya untuk membuatkan makanan dan kini ia tidak mendapatkan asupan makanan yang sehat. Faktor ekonomi juga menjelaskan rendahnya konsumsi buah, sayur, dan ikan karena memerlukan biaya yang lebih," tutupnya.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha