Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

706 Siswa Pelnus Tanjungpinang Ikuti Vaksinasi Measles Dan Rubella
Oleh : Habibi
Rabu | 01-08-2018 | 13:04 WIB
vaksin-rubella1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Proses penyuntikan vaksin kepada siswa Sekolah Pelita Nusantara. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang melakukan Kampanye Imunisasi campak/Measles dan Rubella (MR) di Sekolah Pelita Nusantara (Pelnus), Jalan Basuki Rahmat, Rabu (1/8/2018). Sebanyak 706 siswa diberikan vaksinasi tersebut.

Pemerintah Provinsi Kepri khususnya menargetkan, kampanye ini akan berhasil dan mencapai target sebesar 95 persen. Secara serentak beberapa sekolah pun ikut melakukan vaksinasi terhadap siswa.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan secara nasional. Targetnya, vaksinasi ini akan dilakukan sejak Agustus hingga September mendatang.

"Ini khusus untuk anak berumur 9 bulan sampai 15 tahun. Kegiatan ini untuk Tanjungpinang khususnya dan Kepri umumnya akan dilakukan sampai bulan September. Khusus di Tanjungpinang kita targetkan akhir Agustus selesai," tutur Rustam dalam kongres pers di Pelita Nusantara, Rabu (1/8/2018).

Selanjutnya, jika memang ada anak yang belum mendapatkan vaksin ini, nanti diluar bulan Agustus dan September dapat langsung ke Puskesmas terdekat.

"Dan itu langsung diberikan (vaksin). Kalau dulu hanya campak, sekarang akan langsung dua yaitu campak dan rubella," terang Rustam.

Rustam mengaku hingga saat ini vaksinasi yang dilakukan tidak menimbulkan efek samping pada anak. Namun, kata dia, Pemerintah juga menunggu, jika memang ada efek samping yang dirasakan anak, dapat langsung.melapor ke Dinas Kesehatan dan langsung ke Puskesmas.

"Jika memang tidak juga, bisa langsung ke IGD. Kita akan lihat gejala yang ada, jika memang karena vaksin ini, bisa langsung lapor ke Dinas Kesehatan," kata Rustam.

Tampak anak-anak antusias mengikuti kegiatan ini karena pihak panitia membuat sebuah kuis berhadiah.

Editor: Yudha