Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jangan Dibuang, Serat Halus pada Pisang Ternyata Bergizi Tinggi
Oleh : Redaksi
Selasa | 31-07-2018 | 16:52 WIB
serat-halus-pisang1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Jangan Buang Serat Halus Pada Pisang, Tak Disangka Bergizi Tinggi!

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebaiknya hindari kebiasaan membuang serat halus dalam pisang karena sebenarnya merupakan bagian yang tak kalah bergizi dari buah pisang itu sendiri.

Melansir dari Rd.com, bagian yang dinamai "phloem" ini ternyata merupakan jaringan dalam pisang yang bertanggung jawab untuk transportasi nutrisi.

"Serat Phloem terdiri dari sel-sel hidup dan memungkinkan untuk produk makanan dan gula untuk sampai ke semua bagian yang berbeda dari tanaman," terang Rebecca Lee, seorang perawat dari Rmeediesforme.com.

Serat phloem ini tak ubahnya bertindak sebagai "vena" atau "arteri" dalam buah pisang.

Layaknya saluran pembuluh darah, vena dan arteri pisang bernama serat phloem ini mengangkut seluruh nutrisi agar pisang tumbuh lezat dan bergizi.

Terdapat potasium, serat, vitamin A, dan vitamin B6 di dalam phloem yang seringkali diabaikan dan justru dibuang ketika kita mengonsumsi buah pisang.

Semakin muda umur buah pisang, maka serat phloem semakin banyak karena buah masih membutuhkan nutrisi yang belum seluruhnya terdistribusi.

Pisang yang sudah matang biasanya memiliki lebih sedikit serat phloem karena nutrisi telah terbangun dalam daging buahnya.

Sahabat NOVA, sebaiknya konsumsi pisang bersama dengan serat phloemnya ya yang ternyata bermanfaat dan bergizi tinggi!

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha