Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wakil Ketua I dan II DPRD Walk Out

Rapat Paripurna Persetujuan KUA-PPAS APBD-P Lingga 2018 Ricuh
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 30-07-2018 | 19:07 WIB
ini-ricuh.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Suasana kericuhan pada rapat Paripurna DPRD Lingga, Senin (30/7/2018). (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Rapat Paripurna permintaan persetujuan dan penandatangan MoU KUA-PPAS APBD Perubahan Kabupaten Lingga 2018 diwarnai kericuhan. Dua petinggi dari DPRD Lingga yakni Wakil Ketua I Kamaruddin Ali dan Wakil Ketua II Muddzair Zahid walk out dari ruang rapat, Senin (30/7/2018) sore.

Sebenarnya rapat yang digelar oleh DPRD Lingga yang dimulai sekitar pukul 14.30 WIB berjalan dengan lancar. Namun kericuhan terjadi usai Ketua DPRD Lingga, Riono mengetuk palu persetujuan KUA-PPAS dan akan melanjutkan penandatangan MoU bersama dengan Pemerintah Daerah.

Persetujuan dan penandatangan MoU yang dilakukan DPRD Lingga ini untuk menyutui besaran asumsi angka pendapatan dan belanja pada ABPD Perubahan tahun 2018.

Sebelum penandatangan dilanjutkan, Wakil Ketua I DPRD Lingga, Kamaruddin Ali menyampaikan interupsi. Di sinilah buntut kericuhan terjadi.

Kamaruddin Ali dalam interupsinya mengatakan bahwa adakah peraturan yang membolehkan jika MoU hanya ditandangani oleh Wakil Bupati Lingga. Jika tidak ada, maka proses penandatangan MoU KUA-PPAS perubahan tidak boleh dilakukan. Kalau dilakukan, maka DPRD telah menyalahi aturan.

Memang dalam rapat ini hanya dihadiri oleh Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar. Sementara Bupati Lingga, Alias Wello tidak hadir.

Ketegangan pun terjadi, sejumlah anggota dewan pun ikut menyampaikan interupsi kepada pimpinannya.

"Interupsi pak," ujar salah anggota DPRD Lingga.

Interupsi pun langsung dijawab Wakil Ketua II DPRD Lingga, Muddazir Zahid. Ia menjawab dengan menyatakan permohonan maaf.

"Saya mohon maaf, ini akan kita bahas secara internal. Sudah jangan diperpanjang lagi," kata dia menjawab.

Namun interupsi datang lagi dari anggota DPRD lainnya. Saat itulah Muddazir Zahid walk out dari ruangan diikuti Kamaruddin Ali dibelakangnya.

Rapat pun akhirnya diskor oleh Ketua DPRD Lingga, Riono. Seluruh peserta yang menghadiri rapat tersebut pun berhamburan keluar.

Editor: Gokli