Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diberangkatkan ke NTB pada 9 Agustus 2018

Siswa Mengenal Nusantara Jalani Proses Seleksi di Pelabuhan SBP Tanjungpinang
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-07-2018 | 19:04 WIB
proses-seleksi.jpg Honda-Batam
Proses seleksi peserta Siswa Mengenal Nusantara di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Jumat (27/7/2018). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelaksanaan program nasional Siswa Mengenal Nusantara di Provinsi Kepulauan Riau memasuki babak baru. Peserta yang merupakan pelajar Kelas XI dari kabupaten/kota diseleksi oleh tim dari Kementerian BUMN, Pelindo I Tanjungpinang, dan LKBN Antara di Ruang VIP Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang pada Jumat (27/7/2018).

"Kami berharap acara pelepasan Siswa Mengenal Nusantara dilakukan Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Gedung Daerah pada 9 Agustus 2018," ujarnya, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Sebanyak 24 peserta diusulkan oleh sekolah untuk mengikuti Siswa Mengenal Nusantara optimisme terpilih, dan diberangkatkan ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bentuk penyeleksian seperti membuat essay dan wawancara peserta. Saat wawancara, peserta pun mengerahkan kemampuannya.

"Mereka harus mengenal Kepri lebih dalam, dan bercerita tentang potensi apa yang ada di Kepri, selain menampilkan kemampuan atau hobinya di hadapan penguji," kata General Manager PT Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan.

Ia mengatakan, perekrutan peserta Siswa Mengenal Nusantara dilakukan tim dari Dinas Pendidikan Kepri.

"Peserta dari kabupaten/kota di Kepri. Jumlah mereka sebanyak 24 orang, tiga di antaranya disabilitas," kata I Wayan yang juga ikut mewawancai peserta.

Dalam wawancara tersebut, tim menggali sejauh mana keinginan peserta mengikuti Siswa Mengenal Nusantara, selain mengetahui kemampuan dan prestasi pendidikan mereka di sekolah.

"Kami juga mendalami bagaimana keluarga mereka. Yang terpenting mereka mendapat izin dari orangtua," katanya.

Peserta Siswa Mengenal Nusantara juga wajib mengerahkan kemampuannya di hadapan penguji, seperti pidato, mengaji, membuat video pendek, olahraga dan bermain musik.

"Mereka wajib mempraktikkan. Ini nanti bermanfaat saat mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara di Nusa Tenggara Barat," ucapnya.

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan program nasional dilaksanakan Kementerian BUMN. Di Kepri, program itu dilaksanakan PT Pelindo I Tanjungpinang, LKBN Antara dan PT Persero Batam.

Program itu, kata Wayan seperti pertukaran pelajar. Siswa SMAN Kelas XI yang ikut dalam kegiatan itu akan mengikuti sejumlah kegiatan dalam Siswa Mengenal Nusantara di NTB.

"Mereka berangkat ke NTB 9 Agustus 2018. Kami juga menerima siswa dari NTB yang akan mengikuti program tersebut di Tanjungpinang," katanya.

Editor: Gokli