Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ingin kuliah di Luar Negeri? Hubungi Central International Education
Oleh : Suci Ramadhani
Kamis | 26-07-2018 | 17:54 WIB
kuliah-di-ln.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Para calon mahasiswa yang akan berangkat ke luar negeri. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Central International Education bisa menjadi jembatan untuk meraih cita-cita ingin kuliah di luar negeri. Selain mengikuti les dan private dan semua berkas akan dibantu hingga lulus di univeraitas yang anda inginkan.

Konsultant Pendidikan di Central International Education, Evis mengatakan, untuk kuliah ke universitas di luar negeri bisa disesuaikan dengan minat, bakat serta potensi yang ada. Untuk menjadi lulusan luar negri juga tidak sesulit yang dibayangkan.

"Kalau masalahnya biaya, maka ada juga universitas di luar negri yang harganya di bawah universitas yang ada di Jawa. Karena informasi yang kurang. Jadi masih banyak yang belum tau," ujarnya, Kamis (26/7/2018).

Saat memilih untuk masuk ke salah satu universitas yang ada di luar negeri, hal yang perlu dilihat dan menjadi pertimbangan selain biaya adalah nilai sekolah. Karena untuk berkuliah di universitas luar negeri, yang menjadi pertimbangan adalah nilai saat di sekolah. Mulai dari nilai rata rata rapot, nilai UAS, hingga nilai UN.

"Jadi kalau mau berkuliah di luar negeri, maka sudah bisa dikontrol nilainya dari kelas 11 atau kelas 12. Tetapi ada baiknya dari sekarang, tetapi kalau yang sudah lulus baru terpikirkan akan kuliah di luar negri bisa dicari universitas yang sesuai dengan nilai nilainya saat sekolah," ujarnya.

Dan bedanya antara universitas di Indonesia dengan di luar negri adalah tidak adanya lagi tes kembali, dan jarang universitas yang mensyaratkan calon mahasiswanya untuk menulis artikel dengan syarat minimal beberapa karakter kata.

Saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri, bahasa yang perlu dikuasai tentunya adalah bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. Dan untuk hal ini, setiap universitas akan melihat nilai IELTS dan TOEFL dengan nilai standar yang berbeda beda setiap universitasnya.

"Sama halnya saat melihat nilai sekolah, yang setiap univeristas dan jurusan berbeda beda. Nilai IELTS juga berbeda beda setiap universitasnya. Tapi universitas sekarang banyak melihat IELTS karena empat aspek dalam bahasa inggris dites disana, disini kami juga memberikan les atau private agar anak -anak bisa menutupi dan memperbaiki kekurangan yang dimilikinya," katanya di ruko Nagoya Hill Blok G no. 5.

Empat aspek yang dinilai dalam tes IELTS adalah writing, reading, listening, dan speaking. Karena adanya speaking inilah, maka banyak universitas di luar negri yang menstandarkan untuk IELTS.

Editor: Dardani