Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Anak Nasional 2018

KPPAD Kepri Dorong Pemerintah Bangun Fasilitas untuk Anak Disabilitas
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 23-07-2018 | 19:40 WIB
kppad-kepri-ketua.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua KPPAD Kepri, Muhammad Faizal. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sampena memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018, Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Kepulauan Riau mendorong agar pemerintah membangun fasilitas untuk anak disabilitas. Hal ini untuk mewujudkan hak yang sama setiap anak Indonesia, termasuk penyandang disabilitas.

"Kita sangat mendorong Pemerintah Daerah untuk juga memperhatikan hak-hak anak, khususnya untuk kaum disabilitas. Sudah saatnya mereka mendapatkan fasilitas, sarana dan prasarana yang sama dari pembangunan yang dibuat oleh pemerintah," kata Ketua KPPAD, Muhammad Faizal, Senin (23/7/2018).

Hal yang paling krusial adalah saat penerimaan siswa baru. Masih banyak sekolah yang tidak memiliki guru ataupun sarana khusus untuk kaum disabilitas. Sehingga, anak-anak disabilitas yang harusnya dapat bersekolah di sekolah umum tidak dapat menjalankan keinginan mereka karena sarana prasarana tidak memadai.

"Ini telah kita bicarakan, dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau khususnya mengatakan akan memulai. Kita harapkan Pemerintah Kabupaten/Kota juga memulainya," tuturnya.

Faizal juga mengingatkan kepada orangtua dan masyarakat ota Tanjungpinang turut memperjuangkan hak-hak anak, khususnya mereka yang disabilitas. "Masyarakat kita harap dapat mendukung dan membantu anak-anak penyandang disabilitas. Jangan malah mengacuhkan, namun bantulah mereka untuk dapat berdiri sendiri, dapat percaya diri, bahwa mereka diterima di Kepri ini," kata Faizal.

"Buat mereka nyaman dan terus motivasi mereka agar cita-cita mereka tercapai. Jangan malah kita membuat mereka hancur dan membuat mereka tidak percaya diri dengan perlakuan kita kepada mereka," imbuhnya.

Faizal berharap di tahun 2018 atau tahun 2019 mendatang, saranan dan prasarana untuk disabilitas mulai dibangun oleh pemerintah. Baik itu Pemprov Kepri maupun Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Kepri.

Editor: Gokli