Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Anggarkan Rp2 Miliar Dana Bantuan Operasional Sekolah
Oleh : Harjo
Senin | 23-07-2018 | 15:04 WIB
apri-lagi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Bintan Apri Sujadi. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Mulai tahun 2018 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan telah menganggarkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) sebesar Rp2 miliar dalam rangka membantu sekolah untuk meningkatkan pelayanan dan mutu pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Bintan.

Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan, penyaluran BOSDA semester I sudah mulai disalurkan. Diharapkan ikut membantu program pendidikan gratis di Kabupaten Bintan khususnya di sekolah yang berada di daerah pesisir dan pulau-pulau terluar.

"Ini pertama kalinya akan kita siapkan BOSDA, mulai tahun ini setiap Sekolah Dasar (SD) akan menerima sebesar Rp16 juta, sedangkan untuk SMP sebesar Rp19 juta," ujar Apri, Minggu (22/7/2018) pagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir menuturkan, bahwa BOSDA adalah bantuan biaya operasional untuk sekolah dari anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan untuk sekolah sebagai suporting BOSNAS yang diberikan pemerintah pusat.

Menurutnya, besaran BOSNAS sebenarnya belum memenuhi standar pembiayaan minimal sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

"Atas dasar itulah, guna meningkatkan kemajuan bidang pendidikan, Pemerintah Daerah menganggarkan dana agar kekurangan tersebut dapat sesuai dengan standar pembiayaan sekolah yang dibutuhkan," ujar Tamsir.

Ditambahkan, peruntukan BOSDA tidak sama dengan BOSNAS, sehingga nantinya tidak akan terjadi tumpang tindih penggunaan dana. BOSDA diharapkan lebih banyak penggunaanya kepada peningkatan penataan lingkungan sekolah, peningkatan program penguatan pendidikan karakter dan peningkatan sarana lainnya.

"Jadi ini sebagai upaya dari pemerintah daerah untuk bagaimana mendukung bidang pendidikan dengan ikut membantu Operasional Sekolah agar sesuai dengan standar pembiayaan sekolah yang dibutuhkan," tutupnya.

Editor: Yudha