Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timnas Kroasia Sumbangkan Seluruh Uang Hadiah Piala Dunia 2018 untuk Yayasan Anak
Oleh : Redaksi
Rabu | 18-07-2018 | 14:04 WIB
kroasia-runner-up1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Timnas Kroasia kalah 2-4 dari Prancis di final Piala Dunia 2018. (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Kroasia menyumbangkan seluruh hadiah Piala Dunia 2018 kepada yayasan anak di negara mereka. Skuat arahan Zlatko Dalic berhak mendapatkan hadiah uang tunai US$28 juta setara Rp403 miliar sebagai runner-up di Rusia.

Vatreni kalah 2-4 dari Prancis pada laga final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki Moskow, Minggu (15/7). Meski gagal merengkuh trofi, Luka Modric dan kawan-kawan sukses mencetak sejarah kali pertama ke final turnamen antarnegara paling bergengsi di dunia tersebut.

Raihan itu mengalahkan para pendahulu mereka seperti Davor Suker dan Zvonimir Boban yang sukses melaju ke semifinal Piala Dunia 1998. Kesuksesan timnas Kroasia kemudian dirayakan begitu meriah di negara kawasan Balkan itu.

Dikutip dari Sport Bible, skuat Vatreni bahkan berencana menyumbangkan seluruh uang hadiah Piala Dunia 2018 sebagai wujud rasa bersyukur mereka.

Tak pelak, skuat Kroasia menjadi yang pertama di dunia menyumbangkan seluruh uang hadiah untuk yayasan anak-anak. Aksi mulia ini dilakukan para pemain dan pelatih mengingat negeri itu mulai mengalami krisis sebagai negara terkecil di Eropa.

Bukan hanya Kroasia, sejumlah tim seperti Inggris sebenarnya sudah melakukan tradisi baik tersebut sejak 2007. Para pemain biasanya menyisihkan beberapa persen uang pertandingan di kompetisi-kompetisi internasional bergengsi yang mereka ikuti.

Total sudah terkumpul £5 juta (Rp94 miliar) dari donasi para penggawa the Three Lions tersebut dan jumlah itu akan terus meningkat seiring tim arahan Gareth Southgate dan kawan-kawan sukses ke semifinal dan meraih peringkat keempat.

Timnas Inggris kalah 1-2 dari Kroasia di semifinal. Di perebutan tempat ketiga, Harry Kane dan kawan-kawan kalah 0-2 dari Belgia.

Seperti diketahui, tim peringkat keempat Piala Dunia 2018 berhak mendapatkan hadiah sebesar US$22 juta (Rp316 miliar). Sedangkan Belgia mendapat hadiah uang tunai US$24 juta (Rp345 juta).

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha