Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Mengolah Ayam Kampung Agar Empuk
Oleh : Redaksi
Selasa | 17-07-2018 | 17:04 WIB
masak-ayam-kampung1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Untuk sajian yang lebih lezat dan sehat, kita biasanya lebih memilih ayam kampung dibanding ayam negeri.

Bahkan untuk makanan anak, lebih disarankan menggunakan ayam kampung, karena dianggap lebih alami dan bebas dari bahan kimiawi yang terkandung dalam daging ayam.

Namun, memang tekstur daging ayam kampung jauh lebih keras daripada ayam negeri. Sehingga kita harus tahu bagaimana cara memasak ayam kampung agar dagingnya lunak dan enak saat dimakan.

Nah, sebelum masak ayam kampung, ada baiknya lihat tips agar dagingnya empuk.

1. Gunakan nanas
Selain untuk daging kambing, nanas juga bisa digunakan untuk melunakkan daging ayam kampung. Cara penggunaannya adalah dengan menghancurkan nanas, kemudian lumuri pada ayam hingga merata.

Setelah didiamkan beberapa menit, cuci ayam di bawah air yang mengalir sampai bersih. Tapi terdapat kekurangan jika melunakkan daging menggunakan nanas.

Rasa asam dan manis nanas bisa menempel pada ayam. Sehingga saat sudah matang, pasti akan terasa sedikit rasa nanas pada ayam.

2. Gunakan daun pepaya
Solusi lain untuk melunakkan ayam kampung adalah dengan daun pepaya. Kalau menggunakan daun pepaya, tidak akan rasa yang menempel pada ayam.

Cara penggunaannya sama dengan nanas. Baik nanas ataupun daun pepaya bisa membantu proses pelunakan ayam kampung saat dipresto atau menggunakan slow cooker.

3. Presto
Pada dasarnya, memasak ayam kampung memang membutuhkan waktu yang lama karena teksturnya yang keras.

Tapi semakin lama dimasak, maka saripati ayam akan semakin keluar dan membuat ayam kampung rasanya semakin enak. Untuk itu, kita bisa mencoba metode presto untuk melunakkan daging ayam kampung.

4. Slow cook
Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan slowcooker. Namun kalau menggunakan metode ini, kita harus menunggu 6 sampai 12 jam tergantung dari panci slowcooker yang digunakan.

Biasanya kita harus meninggalkan ayam kampung semalaman untuk dapat tekstur yang empuk.

Nah, dengan begini dijamin daging ayam kampung akan empuk.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha