Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rudi Ungkap Kepala Sekolah SMPN 10 sudah Dijemput Paksa Tim Saber Pungli
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 17-07-2018 | 08:28 WIB
rudi_batam_kebakaran.jpg Honda-Batam
Walikota Batam M Rudi (tengah) usai menijau korban kebakaran (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 10 Sei Panas, Kota Batam, yang sempat menghilang, akhirnya dijemput paksa oleh Tim Saber Pungli Polresta Barelang guna dimintai keterangan. Hal tersebut diakui langsung oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi.

"Bagaimana dia mau melapor ke saya, dia (Kepala Sekolah) baru melaporkan peristiwa kemarin ke Kepala Dinas Pendidikan. Ternyata siang ini sudah diangkut ke Mapolresta," ujar Rudi, Senin (16/7/2018) petang sesaat setelah mengunjungi korban kebakaran di Gedung Bersama Pemko Batam.

Menurut Rudi, ia akan terus mensosialisasikan untuk melaporkan tindakan dugaan kecurangan yang dilakukan oleh oknum pendidik di lingkungan sekolah.

"Sebenarnya saya juga sudah merasa capek, tiap saat berbuih menyampaikan hal ini. Tapi orangtua siswa mau saja ketika ditawari hal begini oleh oknum," paparnya.

Mengenai adanya permintaan pembubaran komite untuk tiap sekolah negeri. Rudi menyampaikan hal tersebut bukanlah kewenangannya sebagai Wali Kota Batam. Dimana untuk pembentukan Komite sekolah, sudah diatur di Peraturan Kementrian Pendidikan (Permendikbud) Republik Indonesia, sehingga pembubaran hanya dapat dilakukan oleh Menteri Pendidikan.

Editor: Surya