Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kurang Dana Rp5 Miliar

Pemkab Anambas Berharap DPRD Geser Dana Aspirasi untuk Bangun Jalan Alternatif
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 16-07-2018 | 18:40 WIB
kantor-dewan-anambas.jpg Honda-Batam
Kantor DPRD Anambas. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas harapkan DPRD untuk menyumbangkan aspirasi pada pembangunan Jalan Abdul Wahab (Pasir Merah). Pasalnya, butuh anggaran sekitar Rp12 miliar, sementara yang tersedia hanya Rp7 miliar.

"Untuk tahun 2019 mendatang ada program pembangunan jalan alternatif penghubung Kota Tarempa - Antang. Mengingat kondisi Jalan Semen Panjang sudah rawan dan terancam abruk. Kami sudah alokasikan anggaran Rp7 miliar, sementara butuh anggaran Rp12 miliar untuk membangun jalan itu," ujar Plt Balitbangpeda Anambas, Adies Saputra, Senin (16/7/2018).

Adies mengakui, pada tahun 2019 mendatang alokasi untuk pembangunan proyek ditaksir hanya Rp100 miliar. Berbeda dengan tahun 2017 atau 2018. Di mana anggaran pembangunan proyek mencapai Rp180 miliar.

"Tahun depan (2019) kami hanya bisa mengalokasikan dana pembangunan yang prioritas dan mendesak. Seperti lanjutan pembangunan Masjid Agung, pembangunan embung, lanjutan RSUD. Sementara Jalan Abdul Wahab ini mendesak, kita kekurangan anggaran berkisar Rp5 miliar lagi. Untuk itu kami berharap DPRD bersedia menggeser sebagian dana aspirasi untuk memenuhi pembangunan jalan ini," jelasnya.

Sebelumnya, Plt Dinas Pekerjaan Umum, Khairul Anwar mengatakan, pihaknya akan membangun Jalan Abdul Wahab sebagai akses alternatif Tarempa - Antang. Mengingat pembangunan Jalan Semen Panjang butuh anggaran Rp129 miliar.

"Kondisi Jalan Semen Panjang sangat rawan, kita berencana akan membangun jalan alternatif. Karena anggaran daerah tidak mampu mengcover pembangunan Jalan Semen Panjang yang butuh biaya sebesar Rp129 miliar," ucapnya.

Editor: Gokli