Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wujudkan SDM Berkualitas, Sivitas Akademika Harus Berinovasi
Oleh : Redaksi
Senin | 16-07-2018 | 10:04 WIB
menteri-asman-civitas.jpg Honda-Batam
Menteri PANRB, Asman Abnur . (KemenPANRB)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebuah universitas memiliki andil besar dalam melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi dan mampu berdaya saing baik ditingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu diperlukan sebuah terobosan ataupun inovasi dalam mewujudkan hal tersebut.

Dilansir situs resmi KemenPANRB, mencetak SDM berkualitas tidak bisa hanya dengan melakukan kegiatan rutinitas semata, melainkan perlu adanya sebuah gagasan atau ide yang sifatnya tidak biasa. "Mencetak SDM yang handal pun tidak dapat dilakukan dengan mengerjakan kegiatan rutin saja, perlu ada terobosan dan inovasi," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dalam kegiatan Seminar Ilmiah Alumni Farmasi Universitas Andalas, di Hotel Bukit Wiyata Depok, Sabtu (14/7/2018).

Disampaikan bahwa sudah saatnya para civitas akademika berpikir cepat dari yang lain, karena kunci keberhasilan terletak pada kecepatan. Seseorang maupun kelompok dapat dikatakan berhasil apabila melakukan sesuatu serta beraksi dengan cepat, jika tidak maka akan tertinggal dengan yang lain.

Hal tersebut pun berlaku terhadap perguruan tinggi, apabila dapat beraksi dengan cepat dapat menjadi terdepan baik di tingkat nasional maupun internasional, namun jika hanya diam, maka dipastikan akan tertinggal dengan negara lain.

Menurutnya perbaikan kualitas SDM pun akan menjadi prioritas bapak Presiden RI Joko Widodo kedepan, karena hal tersebut pihak civitas akademi pun diharapkan dapat mengambil peran dalam mencetak SDM yang handal. Upaya yang dilakukan dapat melalui penerapan kualitas kurikulum yang baik kepada mahasiswanya. Karena memang akademisi merupakan bagian penting dari pembangunan bangsa serta berperan dalam membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan-kebijakan pembangunan.

Lebih lanjut dirinya menambahkan bahwa sebagai langkah mewujudkan World Class University, segenap civitas akademik dituntut melakukan upaya upaya perubahan, tidak berhenti atau puas pada pencapaian saat ini.

Mewujudkan World Class University dapat dilakukan dengan melakukan perencanaan rekrutmen mahasiswa, dosen, serta peneliti yang berkompetensi tinggi. Dengan hal tersebut diharapkan lahirnya SDM handal dan terwujudnya World Class University.

Editor: Gokli