Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Pungli PPDB SMPN 10 Batam

Uang Ratusan Juta Hasil Pungli Ditemukan di Ruang Kerja dan Kamar Baharuddin
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 15-07-2018 | 14:04 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Uang ratusan juta yang diduga hasil pungutan liar penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMPN 10 Sungaipanas, Batam, disimpan Baharudin, Ketua Komite sekolah tersebut di beberapa tempat.

Saat Tim Saber Pungli Polresta Barelang yang langsung dipimpin Kasat Reskrimnya, AKP Andri Kurniawan, melakukan penggeledahan disaksikan Ketua RW 06 Perumahan Nusa Jaya, menemukan uang di ruangan tempat kerja dan kamar Baharudin yang juga Sekretaris Komisi Saksi Nasdem (KSN) DPD Kota Batam itu.

Pada ruangan tempat ia bekerja dengan plang yang terpasang di pintu bertuliskan PT Pesona Prima Utama itu, uang disimpang dalam laci meja, serta ditemukan bukti-bukti berkas penerimaan siswa.

Kemudian kembali dilakukan dalam sebuah kamar dan ditemukan tumpukan uang di dalam sebuah kantong. Bahkan, juga ditemukan uang di dalam amplom dengan jumlah beragam.

Hingga kini, polisi masih melakukan pendalaman terkait terungkapnya kecurangan dalam proses PPDB di Kota Batam ini.

Andri, sebelumnya menyebutkan, sejauh ino sudah ada tiga orang yang diamankan, dua perempuan dan satu laki-laki. Namun ia belum mau meberikan keterangan lebih lanjut.

"Kita masih kembangkan. Yang jelas ada tiga orang yang sudah diamankan," katanya singkat, Sabtu (14/7/2018) malam.

Sebelumnya, Tim Saber Pungli Polresta Barelang berhasil menguak kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan peserta didik baru di Kota Batam, antara lain pungutan liar di SMP N 10 Sungai panas menjadi sasaran, Sabtu (14/7/2018).

Editor: Surya