Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pungli PPDB di Batam

Baharudin Bersama Uang Pungli Ratusan Juta Digelandang ke Mapolresta Barelang
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 14-07-2018 | 23:09 WIB
baharudin-pungli2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Baharudin (pakai topi) digelandang petugas usai dilakukan pengeledahan di rumahnya terkait pungli PPDB SMPN 10 Sungai Panas, Batam Kota. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemeriksaan yang dilakukan di rumah pria berinisial O atau Baharudin, yang berada di depan SMPN 10 Sungai Panas, Batam Kota, Sabtu (14/7/2018) malam selesai sudah. Selain menemukan uang rarusan juta rupiah, rumah tersebut juga dipasang garis polisi oleh Tim Saber Pungli Polresta Barelang.

Pantauan di lokasi, Baharudin yang merupakan Ketua Komite SMPN 10 Sungai Panas, Batam Kota langsung digiring dari rumah beserta barang bukti dokumen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan uang ratusan juta.

Baharudin langsung dimasukkan ke mobil petugas berpakaian preman untuk dibawa ke Mapolresta Barelang menjalani proses lebih lanjut.

Ketua RW 06 Perumahan Nusa Jaya, Adri Budimansyah, yang diminta mendampingi pemeriksaan mengaku dirinya dipanggil polisi karena warganya ada indikasi tindak pidana.

Namun, ia juga tidak mengetahui pasti apa yang terjadi. "Saya tiba-tiba dipanggil untuk mendampingi. Ternyata dilakukan penggeledahan di rumah Pak Baharudin, beliau Komite SMPN 10 Sungai Panas," ujarnya.

Saat ditanya apa saja yang dilakukan polisi di dalam rumah, Ardi enggan memberikan komentar. "Tadi memang ditemukan uang dalam jumlah cukup banyak, tetapi untuk lebih jelasnya tanya polisi saja yang lebih berwenang," tuturnya.

Sebelumnya, Tim Saber Pungli Polresta Barelang dilaporkan berhasil menguak kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Batam.

Tim Saber Pungli Polresta Barelang, yang terdiri dari Unit II Tipikor dan Unit Buser Satreskrim Polresta Barelang, yang terjun ke SMPN 10, Sabtu (14/7/2018), menemukan kecurangan PPDB yang melibatkan sebuah perusahaan bernama PT Pesona Prima Utama, yang berada di dekat sekolah.

Editor: Gokli