Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setiap Warga Negara Perlu Dalami Pengertian Pancasila
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 11-07-2018 | 12:04 WIB
Sos_4_Pilar_Merlion_2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Senator Muhammad Nabil saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar kepada Forum Komunikasi Ruku Tetangga dan Rukun Warga (FKTW) Kelurahan Sei Binti, Batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai warga negara sudah sepatutnya mempelajari pengertian Pancasila secara lebih mendalam, karena merupakan Dasar Negara Indonesia. Pengertian Pancasila yang harus dipelajari adalah menyangkut fungsi dan tujuan Pancasila .

Hal itu disampaikan Senator Muhammad Nabil saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar kepada Forum Komunikasi Ruku Tetangga dan Rukun Warga (FKTW) Kelurahan Sei Binti, Batam, Kepulauan Riau pada, Sabtu 2 Juni 2018 lalu.

"Sebagai mana yang kita tahu bahwa pancasila merupakan Dasar Negara kita, Indonesia. Dan patutnya kita sebagai warna negara Indonesia perlu mempelajari lebih dalam tentang dasar negara kita, mulai dari pengertian pancasila, fungsi pancasila, dan tujuan pancasila," kata Nabil.

Menurut Nabil, kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu dari penggalan kata Panca yang berarti 'Lima' dan Sila yang berarti 'Dasar'. Sehingga secara harfiah berarti kata Pancasila bisa diartikan sebagai Lima Dasar.

Selain itu berdasarkan sejarah, istilah Pancasila sudah mulai dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dimana sila-sila yang terdapat di dalam Pancasila sudah diterapkan di dalam kehidupan masyarakat maupun kerajaan, meski ke 5 sila itu belum dirumuskan secara konkrit.

"Dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, Pancasila mempunyai arti berbantu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan lima," ungkap Nabil.

Pancasila, lanjut Nabil, adalah isi jiwa Bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, pancasila bukan hanya falsafah negara, melainkan lebih luas lagi yakni falsafah Bangsa Indonesia.

Dimana setiap Bangsa mempunyai jiwanya masing-masing yang disebut Volgeish, yang artinya Jiwa Bangsa atau Jiwa Rakyat. Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia yang berfungsi agar Indonesia tetap hidup dalam jiwa Pancasila.

Bangsa Indonensia lahir sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia.Fungsi pancasila sebagai kepribadian Bangsa Indonesia yaitu sebagai hal yang memberi corak khas bagi Bangsa dan menjadi pembeda Bangsa Indonesia dengan Bangsa lain. Diwujudkan dengan tingkah laku dan sikap mental, sehingga ciri khas ini yang dimaksud dengan kepribadian.

Fungsi pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yaitu mengatur semua hukum yang berlaku di Negara Indonesia. Semua hukum harus patuh dan menjadikan Pancasila sebagai sumbernya.

Artinya setiap hukum yang berlaku tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. Jadi setiap sila-sila yang ada di Pancasila adalah nilai dasar, sedangkan hukum adalah nilai instrumental atau penjabaran dari sila pancasila.

Sementara sumber tertib hukum Republik Indonesia adalah pandangan hidup, cita-cita hukum, kesadaran, dan cita-cita moral yang meliputi suasana kejiwaan serta watak Bangsa Indonesia.

Meliputi cita-cita mengenai kemerdekaan Individu, Kemerdekaan Bangsa, Perikemanusiaan, Keadilan Sosial, dan Perdamaian Nasional. Cita-cita politik mengenai bentuk, tujuan, sifat negara. Dan Cita-cita moral mengenai kehidupan agama dan masyarakat.

"Jadi fungsi pancasila sebagai pandangan hidup atau cara pandang adalah Bangsa Indonesia harus berpedoman, menjadi pancasila sebagai petunjuk kehidupan sehari-hari," kata Anggota Komite III DPD RI Ini.

Nabil mengatakan, segala bentuk cita-cita moral Bangsa dan bentuk budaya harus bersumber dari Pancasila, karena merupakan satu-kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, hal ini memiliki tujuan demi tercapainya kesejahteraan lahir dan batin.

"Seperti yang telah kita ketahui bahwa pancasila telah jelas termuat di Pembukaan UUD 1945, sehingga pancasila merupakan tujuan dan cita-cita Bangsa Indonesia. Cita-cita inilah yang menjadi tujuan Bangsa, menciptakan masyarakat yang adil dan makmur," kata Senator asal Kepri ini.

Editor: Surya