Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alat Berat Sudah Ada di Lokasi

Tambang Bauksit di Sei Enam Bintan Mulai Beraktivitas?
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 05-07-2018 | 19:16 WIB
alat-berat-bauksit.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sejumlah truk dan alat berat di lokasi tambang bauksit Sei Enam Darat, Bintan. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Tambang bauksit di Sei Enam Darat, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan tampaknya sudah mulai beraktivitas. Sebab, di lokasi sudah ada sejumlah alat berat dan truk yang siap beroperasi.

Selain alat berat dan truk, tampak juga puluhan gundukan bauksit yang siap diangkut ke tongkang. Informasi yang dihimpun di lapangan, stok file bauksit itu merupakan milik PT Lobindo dengan masing-masing gundukan milik orang berbeda.

"Informasinya bauksit itu punya PT Lopindo. Tetapi untuk setiap titik banyak yang punya, termasuk ada oknum Dewan Bintan juga," sebut warga setempat saat ditemui di Kampung Sei Enam Darat, Kamis (5/7/2018).

Kabar bukanya tambang biji bauksi tersebut, diperkuat dengan adanya kompensasi yang sudah diberikan kepada warga. Bahkan pelabuhan untuk sandar tongkang, serta pos penjagaan juga sudah terbangun di kawasan tersebut.

"Kami di sini sudah dapat uang, katanya uang permisi. Nanti kalau bauksit sudah jalan ada lagi uang kompensasinya," beber warga yang namanya tak mau ditulis di media.

Lurah Sei Enam, Indra Gunawan, mengatakan, sejauh ini tidak ada aktifivas tambang bauksit di wilayah yang dia pimpuin itu. Namun ia mengakuai kalau sudah ada alat berat yang terparkir di Kampung Sei Eman Darat.

"Kalau jalan belumlah, tetapi alat berat itu sudah lama terparkir di situ," kata Indra.

Editor: Gokli