Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terpilih Kembali Jadi Presiden Turki

Fahri Sebut Erdogan Sosok yang Mahir Berpolitik
Oleh : Surya
Senin | 25-06-2018 | 13:52 WIB
fahri-hamzah53.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan, terpilihnya kembali Recep Tayyip Erdogan sebagai Presiden Turki dalam pemilu pada Minggu (24/6/2018), karena yang bersangkutan telah menunjukkan dalam mengelola pemerintahan di periode sebelumnya.

"Erdogan adalah sosok yang sangat mahir dalam politik, berbeda dengan para pendahulunya," sebut Fahri saat dihubungi wartawan, Senin (25/6/2019).

Sosok Erdogan itu, tambah Fahri adalah generasi baru atau generasi kedua dari politik Islam di Turki, sebelumnya politisi Islam yang senior Erbakan.

"Saya pernah bertemu dengan keduanya dan berbicara. Tetapi, memang Erdogan jauh lebih fleksibel dan mengutamakan kemampuannya untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa mereka bisa bekerja lebih baik. Itulah, menurut Fahri yang kemudian menyebabkan Erdogan terpilih," tambahnya lagi.

Menjawab pertanyaan, pelajaran apa yang dapat diambil oleh Indonesia, khususnya bagi para tokoh yang ingin mencalonkan dirinya sebagai pemimpin di pilpres 2019 nanti, kata Fahri, "Calon pimimpin harus memiliki inovasi. Karena memang politik itu adalah industri pemikiran," katanya.

Jadi, lanjut politisi asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, di dalam itu harus sering-sering terjadi inovasi berupa perubaban-perubahan mendasar, yang membuat masyarakat itu merasa bahwa kepemimpinanya itu lebih baik daripada pemimpin yang lain.

"Kalau dihitung dari jumlah tahun berkuasa, sejak menjadi walikota Istambul (Erdogan menjadi wali kota sejak tahun 1994), itu artinya sudah 24 tahun di politik. Menjadi PM itu sejak tahun 2003, kemudian dalam dua periode ini sekarang -setelah dirubah dari sistem parlementer ke presidensial, Erdogan berkuasa periode ke dua nebjadi presiden," terang Fahri.

Editor: Yudha