Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka Akses Sektor Pariwisata

KJRI Bawa Investor dan Agen Travel Malaysia ke Anambas
Oleh : Alfredy Silalahi
Sabtu | 23-06-2018 | 15:04 WIB
malaysia-anambas-btd.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Rombongan Famtrip Johor foto bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk Johor Bahru, Malaysia, Zainul Idris Yunus membawa investor dan asosiasi agen travel Malaysia ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Adapun tujuan kedatangan rombongan tersebut yakni untuk membuka akses dari Semenanjung Malaysia dengan Anambas dalam sektor pariwisata.

"Selama ini yang dikenal masyarakat Malaysia tentang Kepulauan Riau yakni Tanjungpinang, Karimun dan Batam. Ternyata ada daerah yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, yakni Anambas. Dan hanya butuh waktu 4 atau 5 jam menempuh Anambas dari Tioman, Pahang, Mershing, Negeri Johor, Negeri Sembilan (Semenanjung Malaysia)," ujar Zainul Idris Yunus yang juga merupakan Ketua Rombongan Famtrip Johor, Malaysia ke Anambas saat melakukan diskusi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas di Aula Anambas Resort, Jumat (22/6/2018) malam.

Zainul menyampaikan, tujuan rombongan Famtrip Johor, Malaysia ke Anambas selain menikmati destinasi wisata, juga ingin membuka akses langsung dari Semenanjung Malaysia ke Anambas. Menurutnya hal tersebut yang direncanakan oleh investor maupun agen travel Malaysia.

"Saya hanya sebagai mediator atau perantara untuk mendekatkan Malaysia dengan Anambas dari sektor pariwisata. Mereka-mereka ini nantinya yang akan mempromosikan Anambas di Malaysia. Sehingga Anambas lebih dikenal oleh masyarakat Malaysia," terangnya.

Zainul berharap ada kemudahan-kemudahan perizinan untuk membuka akses bagi agen travel dan kemudahan perizinan bagi inverstor untuk membangun resort di Anambas. "Ini sudah kami bahas sebelumnya dengan investor dan agen travel. Mereka ingin kemudahan untuk membuka akses Malaysia ke Anambas," ucapnya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris yang didampingi Wakil Bupati, Wan Zuhendra, Kepala Dinas Pariwisata, Masykur, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Balitbangpeda dan Dinas Perikanan mengungkapkan bahwa salah satu kemudahan untuk wisatawan luar negeri ke Anambas yakni dengan memanfaatkan CIQP yang sudah terbentuk di Anambas.

Menurut Haris, apabila masyarakat Malaysia ingin langsung ke Anambas bisa saja menggunakan transportasi laut. Namun harus terlebih dahulu melapor ke CIQP di Pelabuhan Tarempa."Kita sudah memiliki CIQP, jadi bagi masyarakat Malaysia yang ingin berwisata ke Anambas sudah gampang," tegasnya.

Terkait kemudahan perizinan, lanjut Haris, saat ini Pemerintah Pusat mengintruksikan kepada daerah untuk mempermudah perizinan. Hal tersebut sudah dijalankan sesuai intruksi Presiden.

"Saat ini sudah ada lima resort yang beroperasi. Sejauh izin itu kewenangan Pemerintah Daerah, kami bantu. Berbeda bila izin itu dari Provinsi atau Pusat, tentu kami hanya bisa memfasilitasi saja," jelasnya.

Haris juga menawarkan, selain pariwisata Anambas juga memiliki potensi perikanan. Menurutnya, potensi perikanan Anambas juga sangat menjanjikan.

"Anambas juga kaya akan ikan, kalau bisa jangan disektor pariwisata saja. Karena hasil ikan di Anambas ini tembus pada angka 24 ribu ton pertahun. Ini juga bisa dilirik," ucapnya.

Haris juga mengapresiasi kehadiran Rombongan Famtrip Johor, Malaysia tersebut ke Anambas. Dia berharap, kehadiran rombongan membawa perubahan di Anambas khususnya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Anambas.

"Selamat menikmati keindahan alam Anambas. Semoga apa yang dinikmati ini bisa menjadi wadah promosi bagi masyarakat Malaysia. Sehingga ada niat masyarakat untuk berkunjung ke Anambas," harapnya.

Selain berdialog dengan Pemkab Anambas, Rombongan Famtrip Johor juga diberikan kain cual khas Anambas, dan tari persembahan, serta menunjukkan destinasi wisata Anambas.

Editor: Yudha