Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Libur Lebaran 5.281 WNI Melancong ke Singapore Via SBP Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 20-06-2018 | 17:04 WIB
penumpang-pelabuhan-pinang.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Para penumpang yang berangkat ke Singapura di Pelabuhan Fery Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY. COM,Tanjungpinang - Libur lebaran Idul Fitri banyak warga Kepri yang berlibur ke Singapura melalui pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Kepala Pos Imigrasi Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang, Daniel Maxrinto mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh mulai dari H-3 sampai H+4 pihaknya mencatat untuk WNI yang berangkat ke luar negeri melalui pelabuhan mencapai 5281 orang, sedangkan yang datang dari luar negeri sebanyak 4754 orang.

"Kebanyakan mereka ini berangkat dari Tanjungpinang Singapore, dan datang dari Singapore juga sedangkan dari Malaysia cuma beberapa saja, "ujar Daniel saat ditemui di Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang, Rabu (20/6/2018).

Sementara itu, untuk Warga Negera Asing (WNA) yang datang dari Singapore maupun Malaysia melalui Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang selama H-3 sampai H+4 sebanyak 3966 orang sedangkan yang berangkat melalui pelabuhan ini sebanyak 5903 orang.

"Sehingga jika kami lihat bahwa WNI yang berlibur ke Singapore ada sekitar 75 persen jika dibandingkan dengan WNA yang datang,"katanya

Daniel menyebutkan wisman Singapore datang melalui pelabuhan SBP ini didominasi WNA Thiongkok dan warga indonesia di Singapura dengan tujuannya Trikoradan dan hotel aston serta hotel CK. "Jadi seluruh WNA yang datang ke Tanjungpinang tujuannya adalah wisatawan,"ucapnya

Berdasarkan data yang diperoleh jika dijumlahkam seluruh kedatangan atau keberangkatan dari Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang mencapai 16 ribu lebih dari H-3 sampai H+4 kemarin. "Untuk data yang hari ini kita belum ketahui," katanya.

Adapun warga negera wisatawan yang masuk dan pergi melalui Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang di antaranya Australia, Bangladesh, China, France, Germany, Ghana, Hongkong, India, Jepan, Malaysia, New Zealand, Philipines, Portugal, Singapore, Switzerland, Taiwan, United Kingdom, dan United states of America.

Sedangkan untuk kapal yang ada di Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang ada sebanyak 12 kapal baik yang ke Singapore maupun Malaysia. Di antaranya kapal feri Wave Master, Sindo, Cinta Indo Emas, Sentosa dan Marina.

Editor: Dardani