Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejak Lebaran Pertama, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban Meningkat Tajam
Oleh : Harjo
Selasa | 19-06-2018 | 14:04 WIB
penumpang-uban.jpg Honda-Batam
Antrian calon penumpang ASDP Tanjunguban. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Jumlah penumpang yang tiba dan berangkat menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban sejak Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah hingga H+2 Idul Fitri meningkat tajam.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Pos Syahbandar Pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban, hingga Senin (18/6/2018) atau H+2 Idul Fitri rata-rata penumpang yang berangkat dan datang lebih dari seribu penumpang setiap harinya.

"Kalau sebelum lebaran jumlah penumpang yang datang dan berangkat hanya ratusan. Tapi mulai lebaran pertama jumlahnya meningkat, terutama untuk keberangkatan," ungkap Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban, M Rahmat kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Selasa (19/6/2018).

Rahmat menyampaikan, sesuai dengan data untuk keberangkatan dan kedatangan dari Pelabuhan Bulanglinggi pada hari pertama idul fitri tercatat 1.094 penumpang dengan 26 keberangkatan dan kedatangan kapal. Untuk idul fitri hari kedua sebanyak 1.387 penumpang dari 30 pelayaran. Selanjutnya H+1 sebanyak 1.879 penumpang dari 36 pelayaran. Pada H+2 sebanyak 2.352 penumpan dari 45 kali pelayaran dan H+3 sebanyak 1.816 pemumpang dari 31 pelayaran.

"Kondisi di pelabuhan Bulanglinggi, sampai sejauh ini belum terlihat penumpukan calon penumpang. Pelayaran kapal cepat berjalan dengan lancar," ujar Rahmat.

Hal tersebut, berbeda dengan kondisi di pelabuhan ASDP Tanjunguban, dimana sejak beberapa hari terakhir antrian kendaraan yang akan menyebrang dari pelabuhan ASDP Tanjunguban masi sangat ramai dan antriannya masih mengular hingga keluar areal pelabuhan.

"Sampai saat ini antrian kendaraan khususnya roda empat masih panjang. Mudah-mudahan semua bisa berjalan lancar dan kendaraan bisa menyeberang. Apalagi kami sudah antri sejak pagi," harap Anton, salah seorang calon penumpang kapal Roro Tanjunguban.

Editor: Yudha