Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4 Manfaat Kulit Jeruk Mandarin untuk Rambut
Oleh : Redaksi
Sabtu | 16-06-2018 | 16:32 WIB
manfaat-kulit-jeruk-01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Jika Anda mulai membuang produk perawatan rambut berbahan kimia dan memilih perawatan rambut rumahan, maka penggunaan kulit jeruk mandarin untuk perawatan rambut dapat menjadi pilihan. Apalagi, mungkin kulit jeruk di lebaran ini banyak tersedia di rumah.

Anda kini tidak perlu lagi membuang kulit jeruk mandarin setelah memakan buahnya, karena ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku alami dalam perawatan rambut.

Dikutip dari boldsky.com pada Rabu, kulit jeruk mandarin mengandung minyak esensial yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Berikut manfaat kulit jeruk mandarin untuk perawatan rambut:

1. Agar rambut lebih berkilau

Buah jeruk dapat memberikan penampilan rambut Anda lebih berkilau. Bagaimana caranya?

Anda dapat memanfaatkan campuran kulit jeruk yang telah digiling dan minyak rambut. Oleskan pada rambut dan biarkan selama satu jam. Selanjutnya, Anda dapat mencuci rambut.

2. Membantu pertumbuhan rambut

Jeruk mandarin adalah sumber yang kaya vitamin E dan B12 yang membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Di samping itu, vitamin B12 membuat rambut beruban menjadi lembek.

3. Mengatasi masalah kulit kepala

Beberapa masalah yang berhubungan dengan kulit kepala dapat diobati dengan memanfaatkan kulit jeruk. Bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan campuran bubuk kulit jeruk ke dalam jus lemon atau minyak zaitun, kemudian oleskan ke rambut Anda.

Kulit jeruk juga dapat mencegah ketombe ke kulit kepada Anda. Caranya dengan mengoleskan bagian kulit jeruk yang berair ke kulit kepala setelah mencuci rambut menggunakan shampo pencegahan ketombe. Biarkan kering lalu bersihkan. Ini akan menghilangkan ketombe secara alami dan efektif

4. Kondisioner

Buah ini kaya antioksidan sehingga dapat berfungsi sebagai kondisioner alami. Ini membantu mencegah kerusakan rambut karena polusi dan memastikan rambut Anda tetap sehat dan lembut.

Jus yang diekstraksi dari kulit jeruk dapat bekerja sebagai kondisioner yang bagus untuk rambut. Caranya dengan menggiling kulit jeruk dan menambahkan sekitar satu sendok makan madu dan air, hingga menjadi pasta.

Aplikasikan campuran ini setelah Anda mencuci rambut dengan shampo. Biarkan 5 hingga 10 menit, kemudian bersihkan.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli