Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Data Imigrasi H-3 sampai H+1 Lebaran

Arus Keluar Masuk Wisman Lewat Pelabuhan SBP Tanjungpinang Capai 8.243 Orang
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 16-06-2018 | 14:32 WIB
wisman-sbp-tpi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Salah satu petugas Imigrasi memantau keluar masuk wisatawan di Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Imigrasi Kelas I Tanjungpinang mencatat selama libur lebaran baik itu sebelum dan sesudah lebaran sebanyak 8.243 wisatawan berkunjung ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Supervisor Tempat Pemeriksaan Imigrasi di Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang, Chairuly mengatakan berdasarkan data yang diperoleh ada sebanyak 8.243 orang wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang melalui pelabuhan SBP baik itu yang datang maupun yang pergi.

"Kami mencatat mulai dari H-3 sampai lebaran pertama ada sebanyak 8.243 wisatawan, rata-rata berasal dari negara China," ujar Ruly saat ditemui di Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang, Sabtu (16/6/2018).

Adapun warga negera wisatawan yang masuk dan pergi melalui Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang di antaranya Australia, Bangladesh, China, France, Germany, Ghana, Hongkong, India, Jepan, Malaysia, New Zealand, Philipines, Portugal, Singapore, Switzerland, Taiwan, United Kingdom, dan United states of America.

Tetapi data tersebut belum termasuk untuk lebaran ke-2 ini, untuk kedatangan tercatat 114 wisatawan dan untuk yang pergi ada sebanyam 265 wisatawan. "Tetapi ini belum seluruhnya karena masih ada lagi untuk jadwal kapal hari ini," ujarnya.

"Untuk data hari ini jumlahnya belum direkap seluruhnya karena masih ada lagi untuk jadwal keterangkatan dan kedatangan kapal di pelabuhan ini," imbuhnya.

Berdasarkan data yang dicatat oleh Imigrasi mulai dari H-3 untuk kedatangan sebanyak 865 orang, sedangkan untuk keberangkatan 901 orang, H-2 untuk kedatangan 1.101 orang sedangkan untuk keberangkatan 901 orang, H-1 untuk kedatangan 1.463 orang sedangkan keberangkatan 987 orang, H+1 lebaran untuk kedatangan sebanyak 1.356 orang dan keberangkatan 654 orang.

"Maka jika kami jumlahkan untuk kedatangan 4.785 wisatawan dan untuk keberangkatan sebanyak 3.458 wisatawan," paparnya.

Ruly menjelaskan untuk kapal yang ada di Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang ada sebanyak 12 kapal baik yang ke Singapore maupun Malaysia. Di antaranya kapal feri Wave Master, Sindo, Cinta Indo Emas, Sentosa dan Marina.

Editor: Gokli