Rafiq Lepas Puluhan Kendaraan Peserta Festival Takbir di Karimun
Oleh : Freddy
Jum\'at | 15-06-2018 | 10:04 WIB
tabuh-beduk-lepas-pawai.jpg honda-batam
Bupati Aunur Rafiq bersama jajaran FKPD Pemkab Karimun menabuh beduk pelepasan pawai takbir menyambut Idul Fitri 1439 H/2018. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun, Aunur Rafiq menabuh beduk tanda dilepasnya peserta festival takbir dalam rangka menyambut Idul Fitri 1439 H yang dilaksanakan di Coastal Area Tanjungbalai Karimun, Kamis (14/6/2018) malam.

Aunur Rafiq, dalam sambutannya mengatakan berdasarkan informasi dari panitia bahwa peserta festival takbir pada tahun 2018 ini diikuti sebanyak 45 unit kendaraan bermotor roda empat.

"Mari kita meriahkan Hari Raya Idul Fitri dengan festival takbir dan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut dalam mensukseskan festival takbir," ujar Rafiq.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi Coastal Area, kendaraan roda empar jenis pick up maupun truk yang dibentuk seperti masjid diterangi dengan cahaya lampu semakin menyemarakkan festival takbir.

Pada saat pelepasan peserta takbir tak terlihat kendaraan roda dua, tetapi begitu sampai di Simpang RM Sederhana terjadi kemacetan karena semakin banyaknya kendaraan roda dua yang mengikuti rombongan peserta dan baru terurai setelah peserta memasuki Jalan Nusantara.

Informasi yang diterima BATAMTODAY.COM, peserta festival takbir ini akan menempuh jarak sampai ke Simpang Mutiara dan melewati Pasar Teluk Uma, Kecamatan Tebing hingga kembali ke lokasi acara pelepasan di Coastal Area.

Selain itu terdengar suara alunan takbir yang dilantunkan para peserta. Ini semakin menambah suasana gembira menyambut lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang ditetapkan pemerintah pada hari Jumat (15/6/2018).

Kabag Kesra Pemkab Karimun, Irwan Dinovri kepada BATAMTODAY.COM, menjelaskan festival takbir ini memang sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya atau sudah menjadi agenda tahunan.

Dijelaskannya, pada festival takbir tahin 2018 ini diikuti sebanyak 45 kendaraan hias roda empat yang berasal dari masjid-masjid yang ada di Pulau Karimun.

"Dana untuk menghiasi kendaraan roda empat yang mengikuti festival murni dari swadaya pengurus masjid," beber Irwan Dinovri.

Menurut dia, para peserta serta kendaraan hias yang ikut meramaikan festival takbir ini akan dinilai oleh tim juri dan pemenangnya akan menerima hadiah dalam bentuk uang tunai.

Dijelaskannya, ada beberapa kreteria yang menjadi penilaian dari tim juri, yang terdiri dari dari Kementerian Agama, Dinas Pendidikan, dan Dinas Pariwisata.

Untuk pemenang sudah diputuskan akan diambil sebanyak 12 peserta yang terdiri dari juara 1, juara 2 dan juara 3 dan juara harapan 1 sampai harapan 3, masing-masing ada 3 pemenangnya.

Untuk pemenang atau juara pertama berhak memperoleh uang tunai sebesar Rp11 juta, juara 2 sebesar Rp10 juta, juara 3 sebesar Rp9 juta dan juara harapan pertama masing-masing sebesar Rp6 juta, juara harapan kedua masing -masing memperoleh uang tunai Rp5,5 juta serta juara harapan ketiga masing-masing mendapatkan Rp4,5 juta.

Editor: Gokli