PKP

Sambut Idul Fitri 1439 H, Anambas Gelar Lomba Pawai Takbir Keliling
Oleh : Fredy Sialalahi
Jum\'at | 15-06-2018 | 09:32 WIB
anambas-takbir.jpg honda-batam
Salah satu peserta pawai takbir menyapa Bupati Anambas, Wakil Bupati, Sekda, TNI/Polri yang duduk di tenda VIP. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas gelar lomba pawai takbir keliling untuk memeriahkan hari kemenangan syiar islam sera menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018.

Pawai tersebut diikuti oleh 17 peserta, 9 di antaranya kategori umum dan 8 dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Tujuan dari pawai takbir ini diharapkan mampu meningkatkan nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Pencipta, menyemarakkan syiar islam ditengah-tengah masyarakat, serta memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439H/2018," kata Ketua Pelaksana Pawai Takbir, Rio Rizal, Kamis (14/6/2018) malam.

Ria menguraikan, pawai akan dimulai dari Lapangan Sulaiman Abdullah yang melintasi Jalan Imam Bonjol, Jalan Hang Tuah menuju Jalan Pemuda, dilanjutkan ke Jalan Raden Saleh dan finis di Lapangan Sulaiman Abdullah.

"Yang ikut lomba hanya 9 peserta yakni kategori umum, sedangkan OPD sebagai penggembira saja. Dari 9 peserta ini akan dinilai kekompakan, kerapian dan lomba takbir. Nantinya akan ada hadiah kepada pemenang dan uang pembinaan," ucapnya.

Sementara, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba pawai bukan ajang mencari hadiah, namun untuk menyiarkan kemenangan.

Pasalnya, satu bulan ini telah menjalani bulan suci Ramadhan dengan menahan lapar, haus dan nafsu.

"Momen ini sekalian untuk meningkatkan silaturahmi. Kami berharap, para peserta semangat dalam menyiarkan kemenangan dalam menjalani bulan suci Ramadhan," pesannya seraya melepaskan peserta pawai.

Pantauan di lapangan, para peserta pawai mulai arak-arakan dari Lapangan Sulaiman Abdullah pada pukul 21.10 WIB dengan melantunkan takbir, membawa miniatur masjid, dan membawa obor/lampion. Pawai tersebut juga turut dikawal oleh TNI/Polri, Satpol PP dan Dishub dalam sepanjang jalan.

Editor: Gokli