Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Mudik Lebaran

Lakukan 3 Langkah Ini Agar Tubuh Tetap Fit Setibanya di Kampung Halaman
Oleh : Redaksi
Kamis | 14-06-2018 | 17:04 WIB
mudik-pakai-motor11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Arus mudik Lebaran sudah terasa sejak akhir pekan lalu. Menempuh perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman selama berjam-jam tentu menguras energi. Tubuh lelah dan mengantuk mesti segera ditebus agar kondisi fisik sellau prima menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Ketika sampai di tempat tujuan, pemudik ingin melepas rindu sekaligus merasakan kenyamanan supaya penat hilang. Kalaupun ingin dipijat, mungin ini bukan saat yang tepat karena orang tua dan keluarga besar di rumah ingin bercengkrama dan ngobrol lebih banyak. Supaya kondisi tubuh tetap fit, ikuti tiga cara berikut ini ketika sampai di tujuan mudik Lebaran.

1. Tidur dan relaksasi
Untuk memulihkan stamina, kembalilah tidur selama 7 sampai 8 jam dalam sehari, terutama di malam hari. Jika punya, bawalah alat pijat portable yang bisa dibawa ke mana-mana untuk melemaskan otot-otot yang tegang pada leher, bahu, dan punggung, serta melancarkan sirkulasi darah.

2. Jaga pola makan dan konsumsi vitamin
Pastikan gizi terpenuhi selama perjalanan mudik Lebaran dan sesampainya di tujuan. Hindari makanan siap saji atau makanan instan. Dengan menjaga pola makan yang sehat, tubuh tidak akan terasa lemas selama perjalanan mudik dan ketika silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri.

Jangan lupa konsumsi vitamin C dan B secara rutin. Dikutip dari Good Relaxation, asupan vitamin dan mineral yang cukup mampu menjaga membangun sistem kekebalan tubuh untuk menangkal penyakit.

3. Minum air putih yang cukup
Jangan lupa untuk tetap minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Tubuh terdiri dari 80 persen air. Jadi, penting untuk tetap terhidrasi agar terhindar dari sakit kepala, kram otot, dan kelelahan.

Ketika minum air kemasan juga tidak boleh sembarangan. Hati-hati dengan air minum kemasan palsu atau yang sudah terpapar sinar matahari selama berjam-jam. Sebaiknya, bawa botol minum atau tumbler dari rumah, dan pastikan air minum di dalamnya bebas dari kuman, bakteri, logam, dan zat-zat kimia berbahaya. Bisa juga menggunakan filter air minum sendiri.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha