PKP

H-2 Lebaran, Tak Ada Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Center
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 13-06-2018 | 15:07 WIB
penumpang-btc1.jpg honda-batam
Arus penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Center jelang lebaran masih normal. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 tidak ada terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Center. Pelabuhan yang melayani pelayaran ke Singapura dan Malaysia tampak seperti hari biasa.

"Dari H-4 tidak ada peningkatan sampai hari ini. Tidak ada peningkatan yang signifikan," ujar Nika Astaga, Manager Operasional Terminal Fery International saat ditemui di ruang tunggu keberangkatan penumpang, Rabu (13/6/2018).

Ia mengatakan seharusnya terjadi peningkatan jumlah penumpang menjelang hari raya Idul Fitri, seperti terjadi tahun sebelumnya. Namun saat ini jumlah penumpang masih normal seperti hari biasa.

"Puncak arus mudik sebetulnya sudah saatnya. Biasanya H-4 itu sudah mulai ramai dan penuh," katanya.

Seperti tahun lalu, kenaikan jumlah penumpang mencapai 100 persen dari 5 ribu penumpang di hari normal, baiktujuan Malaysia mapun Singapura.

"Tahun lalu bisa naik menjadi 12-15 ribu penumpang. Mungkin karena pemeriksaan di Singapura agak lebih ketat dari biasanya," ungkapnya.

Namun Nika memperediksi kenaikan jumlah penumpang akan terjadi setelah Idul Fitri. Karena berdasarkan data dari salah satu agen kapal pemesanan tiket usai lebaran hingga 7 kali keberangkatan.

"Prediksi kita H+3 dan H+4 ada peningakatan, karena sudah ada 7 kali keberangkatan yang sudah dijadwalkan," pungkasnya.

Editor: Yudha