PKP

Arus Mudik H-2 Lebaran di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Ramai
Oleh : Ismail
Rabu | 13-06-2018 | 13:04 WIB
arus-mudik-pinang.jpg honda-batam
Suasana arus mudik di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - H-2 Perayaan Hari Raya Idul Fitri, arus mudik melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang berjalan normal. Pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, pelabuhan domestik yang juga penyeberangan antar pulau di wilayah Kepri, tampak dipadati calon penumpang. Mulai dari hilir mudik penumpang tiba dan tujuan Batam, Karimun, dan Lingga.

Kendati demikian, meski 2 lagi lebaran, kepadatan calon penumpang di Pelabuhan SBP tidak seperti hari-hari sebelummya. Melalui data yang diperoleh dari Kantor Syahbadar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, puncak arus mudik tahun ini pada H-6 Sabtu (9/6/2018) lalu. Dimana, pada hari tersebut tercatat jumlah penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan SBP sebanyak 4.988 orang, dan yang tiba berjumlah 3.563 orang.

Jumlah tersebut melonjak dua kali lipat dari hari normal. "Lonjakan penumpang yang berangkat diatas 4 ribuan itu terjadi 3 hari beturut-turut. Yakni, H-6,H-5, dan H-4," ungkap salah seorang petugas KSOP," ungkap salah seorang Petugas KSOP, Kamis (13/6/2018).

Menurutnya, lonjakan penumpang pada hari tersebut diakibatkan masuknya hari libur bagi Pegawai Pemerintahan. Dimana, pada hari itu banyak warga yang langsung memanfaatkan waktu libur panjang lebaran untuk mudik.

Ia mengatakan, jika pada tahun sebelummya puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau 3 menjelang lebaran. Namun, pada tahun ini puncak arus mudik terjadi lebih awal. "Iya ini disebabkan waktu libur yang tergolong awal pada minggy kemarin," katanya.

Ditambahkannya, kondisi cuaca di perairan Kepri pun cukup aman. Kendati demikian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan BMKG dan stasiun di Batam untuk senantiasa memantau kondisi cuaca.

Editor: Dardani