Wasit akan Maksimalkan Peran VAR di Piala Dunia Rusia
Oleh : Redaksi
Rabu | 13-06-2018 | 11:28 WIB
var-di-piala-dunia-2018.png honda-batam
Penggunaan VAR di Piala Dunia 2018. (Foto: Republika)

BATAMTODAY.COM, Moscow - Ketua komite wasit FIFA Pierluigi Collina mengatakan, asisten wasit Piala Dunia 2018 diperintahkan menjaga bendera untuk menentukan offside yang ketat di Rusia. Collina menyatakan, hakim garis diberitahu untuk menjaga bendera agar Video Assistant Referee (VAR) dapat membuat keputusan yang benar.

VAR akan digunakan untuk pertama kalinya di Piala Dunia di turnamen musim panas ini di Rusia. "Jika Anda melihat beberapa asisten wasit tidak mengibarkan bendera, itu bukan karena dia membuat kesalahan. Itu karena dia menghormati instruksi untuk menahan bendera," kata Collina dikutip dari Skysports, Rabu (13/6/2018).

Collina menjelaskan, wasit diberitahu untuk menjaga bendera ketika ada insiden offside yang tipis dan mungkin ada serangan yang sangat krusial atau peluang mencetak gol. Karena, jika asisten wasit mengangkat bendera, maka semuanya selesai.

Namun, jika asisten wasit menahan bendera dan permainan terus berlanjut dan mungkin terjadi gol, maka ada peluang untuk meninjau tujuan menggunakan teknologi. Collina juga menegaskan asisten wasit yang memantau video akan memakai kit lengkap, identik dengan rekannya di lapangan.

"Itu karena mereka berkeringat seperti yang mereka lakukan di lapangan. Ini tidak seperti menonton pertandingan di sofa sambil minum kopi. Ini sangat menegangkan sehingga mereka tidak bisa berpakaian seperti seorang pegawai," kata Collina, yang menjadi wasit pada final Piala Dunia 2002 antara Brasil dan Jerman.

Sumber: Republika
Editor: Dardani