PKP

Lantamal IV Gelar Waspam di Perbatasan Perairan Indonesia-Singapura
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 12-06-2018 | 18:52 WIB
waspam-IV.jpg honda-batam
Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno didampingi Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, Asop Lantamal IV Kolonel Laut (P) Edward, Dansatrol Lantamal IV Kolonel Laut (P) Horas Wijaya Sinaga di atas Kapal Mapor I. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lantamal IV Tanjungpinang gelar pengawasan dan pengamanan (Waspam) internal di perbatasan Perairan Singapura dalam rangka bilateral meeting antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Sentosa Island Singapura.

"Selain patroli pengaman mudik lebaran, kami juga melakukan Waspam, yang mana di negara tetangga kita ada pertemuan dua tamu negara Amerika dengan Korea Utara," ujar Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno, Selasa (12/6/4018).

Eko menyebutkan, dari aspek keamanan laut Indonesia, mengamankan sisi dari sektor internal Indonesia. Tetapi sebenarnya Waspam ini rutin dilaksanakan yang sudah ada tinggal lebih ditingkatkan lagi.

"Kami rutin juga melakukan Waspam di daerah perbatasan perairan negara tetangga tetapi ini lebih ditingkatkan lagi," katanya.

Ia menerangkan, pertama menempatkan satuan-satuan intelijen di pelabuhan pemberangkatan feri dari Batam, Tanjungpinang ke Singapore. Ini digelar berkerjasama dengan aparat intelijen daerah seperti TNI dan Polri serta Imigrasi.

"Sehingga kami dapat mengidentifikasi para penumpang dengan harapan nanti pada saat di Singapore tidak dicurigai sebagai orang yang tidak jelas," ucapnya.

Sebelumnya, Pangkalan Utama Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang melaksanakan pengawasan, pengamanan dan patroli angkutan laut lebaran 2018 dengan tujuan terwujudnya jaminan keselamatan pelayaran di Provinsi Kepulauan Riau.

Editor: Gokli