PKP

Hasil Test Urine Polres Bintan, Satu ABK Speedboat di Tanjunguban Positif Narkoba
Oleh : Harjo
Selasa | 12-06-2018 | 15:28 WIB
test-urine1.jpg honda-batam
Sat Narkoba Polres Bintan melakukan test urine ABK kapal di Pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - David salah seorang anak buah kapal (ABK) Speedboat Aurelia dinyatakan positif memakai narkotika jenis sabu. Hal tersebut terungkap, saat Satres Narkoba Polres Bintan, menggelar cek urine terhadap sejumlah kapten dan ABK kapal pelabuhan Bulanglinggi, Tanjunguban, Bintan pada Selasa (12/6/2018).

Kasat Narkoba Polres Bintan, AKP Joko Purnawanto kepada BATAMTODAY.COM menyampaikan dari 15 orang ABK dan kapten kapal yang dicek urine, satu orang dinyatakan positif memakai narkotika jenis sabu.

"Satu dari 15 orang yang ditest urinenya ternyata positif sebagai pengguna narkotika jenis sabu. Dihadapan anggota satres narkoba dia juga sudah mengakui pemakai narkotika," ungkap Joko.

Walaupun sudah positif mengakui perbuatannya, namun tidak ditemukan barang bukti narkoba dari tangannya. Sehingga pihaknya merekomendasikan ABK speedboat ini untuk melakukan rehabilitasi di Badan Narkotika Kabupaten/Kota (BNK).

"Kita rekomendasi untuk melakukan rehabilitasi di BNK Tanjungpinang atau BNP Kepri. Namun karena saat ini BNK libur, maka diarahkan ke puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan awal serta wajib lapor," terangnya.

Joko menambahkan, selain melakukan kroscek terhadap kapten dan ABK di Pelabuhan Bulanglinggi, pihaknya juga akan melakukan cek urine bagi awak kapal di sejumlah tempat yang ada di Bintan. Hal tersebut, untuk terus menekan angka pengguna dan peredaean Narkotika di wilayah Bintan.

Editor: Yudha