PKP

4 Cara Agar Bisa Tidur Berkualitas Walau Waktunya Singkat
Oleh : Redaksi
Senin | 11-06-2018 | 17:40 WIB
tidur11.jpg honda-batam
Tidur lelap.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kesibukan kita dengan pekerjaan dan tugas kadang mengurangi waktu kita untuk istirahat.

Selain kurangnya jam tidur kita juga akan mengalami kelelahan akibat dari aktivitas yang dijalani. Tidur yang kurang dan tidak berkualitas membuat kita sakit kepala dan lelah untuk menjalani aktivitas berikutnya.

Untuk itu kita harus perbaiki jadwal tidur dan kita bisa kembali segar dan bisa beraktivitas dengan baik esok hari. Jika kita bisa pada tahap ketiga maka kita akan merasa lebih baik di pagi hari.

Hal penting yang harus diperhatikan untuk kualitas tidur yang baik adalah suhu rendah, dan melatonin atau hormon tidur.

Hormon melatonin dihasilkan dalam kegelapan, dan itu diproduksi pada jam 11 malam hingga jam 4 pagi, sehingga disarankan untuk kita tidur di jam ini. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah:

1. Bangun pada waktu yang sama setiap hari
Disiplinkan diri dengan bangun pada jam yang sama setiap hari termasuk hari libur. Dengan begitu otak akan menyadari bahwa jam tertentu harus memulihkan sumber daya tubuh.

2. Kelembapan, suhu, cahaya bisa mengganggu tidur kita
Kelembapan yang baik berkisar antara 40 persen hingga 70 persen. Suhu optimal untuk tidur 15 derajat celsius hingga 20 derajat celsius. Semakin redup cahaya maka semakin cepat produksi melatonin.

3. Berolahraga di pagi hari dan aktivitas fisik di siang hari
Olahraga meningkatkan suhu tubuh kita. Kurang olahraga akan mengganggu tidur kita. Jadi lakukan aktivitas fisik di siang hari untuk meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan detak jantung.

4. Katakan tidak pada beberapa makanan
Kopi, rokok, minuman berenergi dan makanan berlemak dapat mengganggu tidur kita. Jadi, hindari semua makanan itu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha