A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/t76248/public_html/system/application/cache/ci_sessiona13476b2a40fa83be99275fcb97e477272187ad5a5e050086fa13ae4767aebfbdb68ba56): failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 157

Backtrace:

File: /home/t76248/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 5
Function: __construct

File: /home/t76248/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/t76248/public_html/system/core/Exceptions.php:272)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 141

Backtrace:

File: /home/t76248/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 5
Function: __construct

File: /home/t76248/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/t76248/public_html/system/core/Exceptions.php:272)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 141

Backtrace:

File: /home/t76248/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 5
Function: __construct

File: /home/t76248/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Tips Sederhana Hindari Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Tips Sederhana Hindari Mabuk Perjalanan Saat Mudik
Oleh : Redaksi
Senin | 11-06-2018 | 09:16 WIB
mabuk-perjalanan.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tak hanya menyenangkan, mudik juga penuh tantangan. Salah satu hambatan yang sering terjadi saat mudik adalah mabuk perjalanan.

Dalam dunia medis, mabuk perjalanan dikenal sebagai motion sickness. Kondisi ini dapat membuat mudik terasa tak nyaman, bahkan menyiksa bagi penderitanya.

Motion sickness adalah kondisi seseorang merasa pusing, kembung, mual, hingga mengalami muntah selama sdalam perjalanan. Kondisi ini terjadi ketika ada perbedaan 'informasi' yang diterima antara mata dan bagian dalam telingat tempat kendali keseimbangan berada.

Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan otak menerima informasi yang berbeda, sehingga dapat memicu timbulnya pusing, kembung, serta mual dan muntah. Kondisi ini juga dapat terjadi dalam perjalanan darat, laut, dan udara.

Anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun, ibu hamil, dan Anda yang rentan mengalami migrain cenderung lebih mudah terkena mabuk perjalanan saat mudik.

"Mabuk perjalanan bisa terjadi secara perlahan-lahan dan tidak selalu terjadi tiba-tiba. Mabuk perjalanan disebabkan oleh gangguan pada sistem keseimbangan, visual, dan sensorik tubuh Anda. Ketiga sistem tersebut mengalami ketidaksinambungan, sehingga terjadilah mabuk perjalanan," kata dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter.

Jika mabuk perjalanan berlangsung terus-menerus tanpa henti, tentu saja ini dapat merusak suasana hati dan perjalanan mudik yang seharusnya menyenangkan. Untuk mencegah terjadinya mabuk perjalanan saat mudik, ketahui dan lakukan rangkaian tips yang dipaparkan oleh dr. Sara.

1. Jadilah pengemudi

Jika kondisi memungkinkan, cara utama yang dapat membuat Anda terhindar dari mabuk perjalanan adalah dengan menjadi pengendara mobil yang digunakan. Duduk di bangku pengemudi akan membuat Anda memegang kontrol atas pergerakan mobil serta dapat memperkirakan arah perpindahannya.

2. Memilih tempat duduk di area depan

Bila menjadi pengemudi tidak mungkin, sebaiknya Anda memilih tempat duduk di area depan sehingga Anda dapat mengobservasi jalanan dari kaca depan. Sistem visual Anda akan memperoleh informasi seputar adanya pergerakan lewat perubahan pemandangan, lalu menyesuaikannya dengan stimulus dari sistem vestibular. Selain itu, dengan duduk di bangku depat Anda juga akan mampu memperkirakan pergerakan kendaraan. Ini karena Anda turut memperhatikan rambu seperti tanda berhenti, tanda jalan, dan sebagainya.

3. Melihat pemandangan dari kaca jendela

Sepanjang perjalanan mudik, lihatlah pemandangan dari kaca jendela dibandingkan dengan melihat area dalam mobil terus-menerus. Melihat sesuatu yang berdesakan dan penuh seperti kemacetan dapat mengundang rasa mual.

4. Tutuplah buku atau bacaan Anda sejenak

Hindari membaca buku atau e-book selama perjalanan mudik jika Anda mendapati diri Anda mengalami gejala mabuk perjalanan.

5. Isi perut terlebih dahulu

Sangat penting untuk makan sebelum memulai perjalanan mudik. Jenis makanan yang disarankan adalah makanan yang rendah lemak. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk menyiapkan dan membawa camilan selama perjalanan, karena cara ini juga dapat membantu mengurangi terjadinya mabuk perjalanan.

Selain itu, bagi beberapa orang makanan yang terlalu pedas, terlalu berminyak, memiliki aroma menyengat, dan minuman bersoda dapat memperparah mabuk perjalanan. Jika Anda salah satunya, hindari, jenis makanan dan minuman tersebut, ya!

6. Hindari rokok dan alkohol

Selama perjalanan mudik, hindari merokok dan minum minuman beralkohol. Selain bias mengakibatkan mabuk perjalanan, rokok dan alkohol bisa merusak kesehatan Anda. Yang membahayakan, jika Anda perokok, Anda menempatkan keluarga Anda sebagai perokok pasif, yang menuai dampak buruk atas kebiasaan Anda itu. Dan kebiasaan minum alkohol berisiko tinggi untuk mengalami kecelakaan lalu lintas.

7. Konsumsi obat

Anda dapat mengonsumsi obat anti mabuk perjalanan yang dijual bebas di apotek, yang diminum 30-60 menit sebelum memulai perjalanan mudik. Perhatikan juga efek samping dari penggunaan obat. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengandalkan permen atau minuman jahe untuk mengurangi mabuk perjalanan—meski penelitian mengenai keampuhannya masih dibutuhkan.

Bagi sebagian orang, perjalanan jauh saat mudik bisa memicu mabuk perjalanan. Oleh karena itu, hindari terjadinya kondisi ini dengan melakukan tujuh tips di atas. Dengan terhindarnya Anda dan keluarga dari ancaman mabuk perjalanan, perjalanan mudik pun nyaman, lancar dan menyenangkan. Tetap waspada, dan hati-hati sampai tujuan!

Sumber: Klikdokter.com
Editor: Gokli


A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (user). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/home/t76248/public_html/system/application/cache)

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: