Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Kiper Terbaik Ini Bakal Jadi Sorotan di Piala Dunia 2018
Oleh : Redaksi
Sabtu | 09-06-2018 | 14:28 WIB
keylor-navas1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kiper Timnas Kosta Rika, Keylor Navas. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Para talenta hebat dari seluruh dunia bakal unjuk gigi di Piala Dunia 2018. Tak hanya pencetak gol yang jadi sorotan, posisi penjaga gawang juga jadi sosok krusial dalam tim.

Kiper menjadi menjadi palang pintu terakhir di garis pertahanan. Seorang penjaga gawang juga bisa dianggap sebagai penyelamat sekaligus dituding sebagai biang keladi kekalahan timnya.

Kehebatan para kiper terbaik akan diuji di Piala Dunia 2018 yang akan digelar mulai 14 Juni mendatang. Berikut ini ada lima kiper terbaik yang bakal jadi sorotan di Piala Dunia 2018.

1. David de Gea (Spanyol)
De Gea sukses memikul tanggung jawab sebagai kiper utama timnas Spanyol setelah era Iker Casillas berakhir. Refleksnya di bawah mistar gawang seringkali membuat striker lawan frustrasi.

David de Gea jadi kiper utama timnas Spanyol setelah era keemasan Iker Casillas berakhir.David de Gea jadi kiper utama timnas Spanyol setelah era keemasan Iker Casillas berakhir. (REUTERS/Darren Staples)
Pemain jebolan Atletico Madrid tersebut mengoleksi 28 caps bersama La Furia Roja dengan catatan enam clean sheet. De Gea berhasil menyingkirkan Pepe Reina yang sebenarnya lebih senior.

Refleksnya di bawah mistar gawang juga memberikan rasa aman bagi para pemain belakang Manchester United. Musim lalu De Gea mencegah 14 peluang yang hampir jadi gol ke gawang MU dan mencatat 18 clean sheet di Liga Primer Inggris.

2. Manuel Neuer (Jerman)
Tak ada yang menyangsikan kualitas Neuer di bawah mistar. Ia bisa dibilang sebagai pemain terbaik Jerman ketika berhasil meraih trofi Piala Dunia 2014.

Hanya saja, performa Neuer di edisi kali ini diragukan sebaik edisi lalu. Terlebih kiper 32 tahun tersebut harus menepi sepanjang musim karena harus menunggu cedera lututnya pulih.

Pemilik 75 caps bersama timnas Jerman sudah mulai dimainkan pada laga persahabatan melawan Austria. Hanya saja gawangnya kebobolan dua kali dan Jerman harus pulang dengan kekalahan 1-2.

Kendati demikian, Neuer tetap bakal menjadi pilihan utama jika cedera lututnya sudah benar-benar pulih. Namun, Marc-Andre Ter Stegen yang tampil impresif di Barcelona siap menggantikan Neuer jika kembali kambuh.

3. Thibaut Courtois (Belgia)
Courtois tak tergantikan di timnas Belgia. Penjaga gawang Chelsea ini masuk daftar kiper di lima liga top Eropa dengan catatan clean sheet terbanyak.

Courtois total telah mencatat 103 clean sheet sejak melakoni debut bersama Atletico Madrid dan timnas Belgia. Ia berpeluang melewati kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, yang menorehkan total 117 clean sheet.

4. Keylor Navas (Kosta Rika)
Empat tahun silam, Keylor Navas jadi sorotan setelah sukses mengantar Kosta Rika lolos ke perempat final Piala Dunia 2014. Aksi cemerlang Navas membuat Real Madrid kepincut meminangnya.

Navas sukses membuat fan Real Madrid lupa dengan kehebatan kiper legendaris Iker Casillas. Aksi cemerlangnya di dua musim terakhir membuat manajemen Madrid tak lagi ngotot mendatangkan kiper incaran mereka, David De Gea.

5. Alisson Becker (Brasil)
Timnas Brasil kini memiliki dua kiper hebat, Ederson Moraes [Manchester City] dan Alisson [AS Roma]. Namun, aksi brilian Becker bersama AS Roma musim lalu membuat pelatih Brasil Tite menunjuknya sebagai kiper utama.

Alisson punya statistik gemilang bersama Brasil dan AS Roma. Ia sukses mencatat 15 clean sheet dalam 20 pertandingan di bawah arahan Tite.

Penjaga gawang 25 tahun itu juga tercatat sebagai kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan (47 kali) di musim Liga Champions 2017/2018. Statistik cemerlang inilah yang membuat Alisson jadi pilihan utama di timnas Brasil.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha