Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Binaan Rutan Karimun Ikuti Pelatihan Mengurus Jenazah
Oleh : Wendy
Jum\'at | 08-06-2018 | 11:28 WIB
sholat-jenazah.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Warga binaan Rutan Karimun belajar memandikan dan mensholatkan jenazah. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dalam rangkaian kegiatan pesantren kilat Ramadhan 1439 H, sebanyak 40 orang warga binaan Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun mengikuti pelatihan tata cara memandikan hingga mensholatkan jenazah, Kamis (7/6/2018).

 

Pelatihan para napi tersebut disampaikan oleh petugas Kementerian Agama Kabupaten Karimun.

Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Eri Erawan melalui Kasubsi Pengelolaan Rutan Karimun Jamila mengatakan, kegiatan pesantren kilat ini adalah kegiatan rutin setiap tahun. Gunanya untuk meningkatkan pengetahuan para warga binaan agar nantinya dapat diterapkan di masyarakat.

"Kita berikan pembinaan seperti ini guna melatih mereka dan memberikan pengetahuan kepada mereka bagaimana tata cara memandikan dan mensholatkan jenazah. Dimana nanti ketika mereka bebas bisa mereka terapkan di lingkungannya," kata Jamila.

Ditambahkannya, untuk pembelajaran yang diberikan kepada warga binaan Karimun yakni ibadah Syariah, Aqidah Ahlak, Tauhid, dan Fardhu Kifayah. "Kegiatan seperti ini tentu akan kita laksanakan terus, agar mental mereka menjadi lebih baik lagi ketika bebas nantinya," katanya

Salah seorang warga binaan Didi mengaku bahwa dirinya banyak mendapat perubahan selama berada di dalam sel. Dan juga membawa dirinya menjadi lebih sedikit mengerti dan memahami aturan-aturan dalam agama.

"Karena saya sebelum berada disini tidak mengerti sama sekali cara memandikan jenazah dan mensholatkan jenazah. Dan alhamdulillah semenjak disini banyak hikmah yang saya dapatkan. Saya juga sudah bisa mengimami teman-teman dalam praktek sholat jenazah," kata Didi

Dia juga akan membenahi diri dalam program-program keagamaan yang diberikan oleh Rutan Karimun, "Karena sudah dua tahun lebih berada disini. Dan tentunya telah mendapatkan banyak pelajaran yang baik soal agama," kata Narapidana Narkotika tersebut.

Editor: Dardani