Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Brasil Diragukan Jadi Juara Piala Dunia 2018
Oleh : Redaksi
Kamis | 07-06-2018 | 15:52 WIB
timnas-brasil1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Timnas Brasil (Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Legenda Brasil, Pele tak yakin Selecao bisa menjadi juara Piala Dunia 2018 meski punya deretan bintang yang membela klub-klub besar Eropa.

Brasil merupakan salah satu negara favorit juara di Piala Dunia 2018. Brasil kali ini punya banyak bintang mulai dari Neymar, Marcelo, Philippe Coutinho, hingga Roberto Firmino.

Kekhawatiran Pele terhadap peluang Brasil bukan lantaran minimnya jumlah bintang melainkan karena Brasil belum menunjukkan kekuatan sebagai tim.

"Saya memiliki kepercayaan pada kemampuan Tite. Kekhawatiran saya ada pada satu hal: hanya ada beberapa hari hingga Piala Dunia dimulai dan kami masih belum punya tim yang tepat," ujarnya.

"Secara individu, semua pemain sangat bagus. Namun kami belum tampil sebagai tim," kata Pele seperti dikutip dari ESPN.

Pele menegaskan pendukung Brasil tidak hanya bisa bertumpu pada kemampuan Neymar meskipun sang bintang asal PSG itu punya skill individu di atas rata-rata.

"Neymar bagi saya adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Hari ini dia lebih matang dan punya lebih banyak pengalaman (dibandingkan empat tahun lalu). Namunm dia tak akan bisa memenangkan Piala Dunia sendirian. Hanya sebuah tim yang bisa memenangkan Piala Dunia," ujar Pele.

Pele bisa mengatakan hal itu berdasarkan pengalamannya di timnas Brasil pada Piala Dunia 1970.

"Tim terhebat Brasil adalah tim di Piala Dunia 1970 dengan Tostao, Rivellino, Gerson, dan Pele mengenakan nomor punggung 10 di klub mereka masing-masing.

"Namun saat itu kami menghabiskan enam bulan persiapan bersama-sama. Itulah mengapa tim tersebut bisa bekerja dengan baik," kata satu-satunya pemain yang memenangi tiga trofi Piala Dunia ini.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha