PKP

Sidak Dinkes dan Disperindag Karimun

Sejumlah Minimarket di Karimun Kedapatan Menjual Makanan Kadaluarsa
Oleh : Wandy
Kamis | 07-06-2018 | 13:28 WIB
sidak11.jpg honda-batam
Dinkes dan Disperindag Karimun sidak makanan kadaluarsa di sejumlah minimarket. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun bersama Disperindag Karimun dan Satpol PP Karimun melakukan sidak di beberapa minimarket guna menggecek barang yang sudah kadaluarsa pada Kamis (7/6/2018).

Kabid Sumber Daya Kesehatan Suharyanto mengatakan, pihaknya melakukan inspeksi lapangan makanan yang sudah kadaluarsa, tidak memiliki izin edar dan juga kemasan makanan yang rusak.

"Hari ini kita melaksanakan inspeksi lapangan terkait makanan dan minuman menjelang lebaran. Kita bagi tiga tim yaitu untuk wilayah Tanjungbalai Karimun, Meral dan Tebing dan kita serentak bergerak," ujar Suharyanto.

Dia juga menyampaikan, banyak ditemukan makanan yang sudah kadaluarsa, kemasan yang rusak serta tidak memiliki izin edar. Makanan tersebut di packing lalu dibuatkan berita acara kepada pemilik usaha agar tidak memajang atau memperjual belikan barang-barang tersebut.

"Kita juga menemukan makanan yang mengembang dan sudah kita amankan. Selanjutnya makanan tersebut kita minta dimasukkan ke dalam kotak untuk tidak diperjual belikan lagi. Dan terserah kepada pemilik usaha apakah barang itu mau di return kepada distributor atau mau dimusnahkan sendiri," katanya.

Terkait pemusnahan barang-barang yang sudah kadaluarsa, pihaknya tidak memiliki kewenangan akan hal itu. Karena kewenangannya hanya bisa meminta kepada pemilik untuk tidak memperjual belikan barang yang sudah kadaluarsa.

"Dan kita juga mengingatkan bahwa akan kita cek kembali apabila masih kiya temukan akan kita beri sanksi dan akan kita musnahkan ditempat. Dan kita akan berkoordinasi dengan Disperindag terkait sanksi. Pihak Disperindag yang akan menindak lanjuti apabila masih ada menjual barang-barang yang kita temukan tadi," katanya.

Editor: Yudha