Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Haripinto Berharap Masyarakat Cerdas Sikapi Polemik KEK Vs FTZ
Oleh : Nando Sirait
Senin | 04-06-2018 | 16:07 WIB
haripinto-lgi11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota Komite II DPD RI Dapil Provinsi Kepulauan Riau, Haripinto Tanuwidjaya. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komite II DPD RI Dapil Provinsi Kepulauan Riau, Haripinto Tanuwidjaya, berharap masyarakat dapat lebih cerdas dalam menyikapi polemik rencana transformasi FTZ Batam ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Haripinto menyampaikan adanya polemik mengenai perubahan status Batam ke KEK, harus segera ditangani oleh Menko Perekonomian, Darmin Nasution. Ia menganggap adanya permasalahan baru yang terjadi saat ini merupakan tanggung jawabnya sebagai salah satu bagian dari Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

"Dia harus bertanggung jawab, gak bisa kayak gini dong. Dia yang pertama sekali punya ide untuk membentuk KEK, tapi usulannya itu sama sekali tidak dilandasi dasar hukum dan kajian yang kuat. Hanya menjanjikan bahwa KEK akan mendapatkan beberapa insentif tambahan," tegasnya di sela-sela buka bersama Anggota DPRD Batam, Lik Khai, Minggu (4/6/2018).

Menurutnya, adaya keputusan untuk merubah status Free Trade Zone (FTZ) Batam menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) hanya akan menambah beban dan kembali membuat perekonomian Batam menjadi mengalami kemunduran.

"Dulu sudah pernah dicoba dengan sistem enclave. Tapi apa yang terjadi, tidak jalan dan hanya membuat ekonomi Batam semakin buruk dan akhirnya dirubah kembali jadi FTZ," ujarnya.

Haripinto juga mengakui, bahwa saat ini iklim investasi di Batam perlahan-lahan sudah mulai menunjukkan perubahan dengan masuknya investasi atas kebijakan pemangkasan regulasi. Tetapi hal ini harus dibarengi dengan, kebijakan dari Pemerintah Pusat dimana ia sendiri menyatakan bahwa kekhususan FTZ saat ini sangat dibutuhkan oleh Kepulauan Riau pada umumnya.

"Batam dari tahun 70-an sudah didesain dari awal untuk industri, jasa, pedagangan, dan ahli kapal dan sudah dibentuk untuk status FTZ. Batam pernah punya kejayaan dengan status itu, apakah dengan KEK kejayaan itu akan kembali? Saya rasa tidak," paparnya.

Harpinto pun mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak merubah status FTZ yang sudah terbukti memajukan perekonomian Batam selama ini. Namun, menambahkan beberapa insentif ke FTZ Batam. Dia juga meminta masyarakat untuk bijak menyikapi polemik perubahan FTZ ke KEK.

"Jadi jangan dirubah, hal ini sudah pernah saya sampaikan dalam pandangan saya waktu sidang beberapa waktu lalu. Harusnya insentif yang ada di KEK itu yang ditambahkan ke FTZ nya Batam," ucapnya.

Editor: Yudha