Pentingnya Pengecekan dan Servis Ringan Sebelum Mudik
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-06-2018 | 13:28 WIB
servis-mobil1.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebelum menjalani aktivitas mudik, sebaiknya mobil harus diservis. Servis yang dilakukan pun beragam mulai dari pengecekan ringan hingga penggantian suku cadang. Tujuannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

"Sebelum kendaraan dibawa jauh ke luar kota, baiknya dicek dulu kesehatan kendaraannya. Minimal servis ringan," kata Technical Leader Plaza Toyota Tendean Adit dilansir CNNIndonesia.com.

Menurut Adit, pengecekan yang dimaksud meliputi kondisi tali kipas, ketebalan brake pad atau kampas rem, fluida rem, pelumas mesin, filter oli, filter udara.

Ia pun memastikan bahwa servis ringan tidak akan terlalu memakan waktu. Terkecuali ada pergantian komponen atau ditemukan kerusakan yang tidak dapat dikerjakan dengan waktu singkat.

Untuk filter oli, filter udara harus dicek dan dibersihkan. Untuk filter udara sebaiknya diganti dengan yang baru.

Untuk komponen-komponen tali kipas, kampas rem dan fluida rem, Adit menyarankan sebaiknya pemilik kendaraan membawa mobilnya ke bengkel untuk pengecekan detail. Ini sekaligus pengecekan menggunakan komputer untuk mobil keluaran di atas tahun 2000.

"Apalagi kendaraan sekarang yang udah banyak menggunakan sensor serta komputer. Nah itu tidak bisa dicek sendiri, harus di-scan di bengkel," ujar dia.

Sementara untuk biayanya, Adit mengaku tidak mengetahui secara pasti. Namun untuk mobil berjenis Toyota Avanza ongkos yang dikeluarkan biasanya sebesar Rp400 ribu, itu termasuk ganti oli mesin.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha