Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal 8 Jenis Kecerdasan, Mana yang Dimiliki Buah Hati Anda?
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-06-2018 | 10:16 WIB
kecerdasan-anak.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk mengetahui kecerdasan buah hati, tak hanya bisa dinilai melalui skor ujian atau tes IQ. Jika seorang anak mendapatkan nilai yang kecil pada mata pelajaran tertentu atau tak pernah mendapat ranking, bukan berarti ia bodoh.

Bisa jadi anak memiliki kelebihan dan kecerdasan yang belum tergali dan tak disadari. Kecerdasan anak bukan hanya sekedar nilai di atas kertas.

Untuk memahami konsep kecerdasan tersebut, Dr. Howard Gardner, seorang profesor terkemuka di Harvard University mengungkapkan bahwa ada delapan jenis kecerdasan pada anak.

Cobalah lebih peka untuk mencari tahu kesukaan dan bakat si kecil. Ketika orangtua sudah mengetahui jenis kecerdasan dan bakat yang dimiliki anak saatnya mendorong dan mendukungnya.

1. Linguistik

Kecerdasan ini merupakan kemampuan berbahasa yang baik. Ia berbicara, mengoceh, bercerita bahkan mengarang lagu.

Mereka juga senang mendengarkan cerita yang dibacakan. Untuk memperbanyak perbendaharaan katanya, berikan buku-buku cerita yang menyenangkan.

2. Logis

Kecerdasan logis bisa dilihat dari kepandaian dalam matematika dan memecahkan persolan logika. Misalnya, ketika si kecil dapat memecahkan teka-teki, menyusun permainan balok, atau mencari cara untuk mendapatkan barang yang berada jauh darinya.

3. Spasial

Jika buah hati Anda senang menggambar dan bisa mendeskripsikan keadaan di mana ia berada, tandanya ia memiliki kecerdasan spasial. Selain itu, ia juga akan senang melihat buku-buku bergambar dan foto keluarga. Kemampuannya sangat berorientasi visual.

4. Gerakan

Kecerdasan gerakan atau tubuh seorang anak dapat ditandai dengan kepandaiannya dalam bidang olahraga. Misalnya, memiliki keseimbangan yang baik, gaya berjalan bak pelari maraton, atau mudah belajar mengendarai sepeda roda dua.

5. Musikal

Apakah anak Anda seorang penyanyi di kelasnya? Apakah ia bisa memainkan peralatan rumah hingga menimbulkan nada yang indah? Jika iya, berarti buah hati Anda memiliki kecerdasan musikal.

6. Interpersonal

Keahlian si kecil dalam berkomunikasi sejak dini bisa menandakan bahwa ia memiliki kecerdasan interpersonal. Misalnya, ketika ia ramah berbincang dengan orang asing atau memiliki banyak teman di lingkungannya.

7. Intrapersonal

Beberapa anak yang pandai dalam membaca keadaan emosi dan mengetahui bagaimana kondisi mereka, disebut kecerdasan intrapersonal. Mereka tahu kapan akan sedih, marah, malu, dan apa saja penyebabnya. Lain halnya dengan anak lain yang perlu dibantu dan diberi pemahaman mengenai perasaan terlebih dahulu.

8. Naturalis

Apakah si kecil senang bermain lumpur? Senang melihat ke luar jendela? Atau senang melihat serangga? Jika demikian, ia mungkin memiliki kecerdasan naturalis, yaitu senang dengan dunia alam.

Jadi, jangan heran ketika ia memiliki hobi berkebun atau mendaki gunung.

Mulai saat ini perhatikanlah ketika si kecil bermain. Ingatlah bahwa kecerdasan yang dimiliki akan memudahkan ia dalam menggapai cita-citanya.

Sumber: Dream.co.id
Editor: Gokli