PKP

Ini Syarat Masuk Sekolah Rujukan di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 01-06-2018 | 18:16 WIB
smpn-3-btm.jpg honda-batam
SMPN 3 Batam. (Hangtuahnews)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peserta didika baru yang ingin masuk ke sekolah rujukan di Batam, harus memenuhi beberapa syarat. Meski tidak terlalu sulit, namun tak semua calon siswa baru bisa memenuhinya.

Sebelum mendaftar pada 26-28 Juni, calon siswa baru untuk empat sekolah rujukan di Batam masing-masing SDN 006 Sekupang, SMPN 3, SMPN 6 dan SMPN 26 Batam, harus memiliki nilai tinggi, baik Ujian Nasional (UN) dan ujian sekolah.

Kemudian, calon siswa baru akan mengikuti serangkaian ujian tertulis. Di mana, ujian ini dilakukan untuk menentukan peserta yang memenuhi kriteria di sekolah rujukan tersebut.

"Setelah menyelesaikan ujian tertulis, akan dilanjutkan dengan tes wawancara. Ini dilakukan karena kami harus memperhatikan nilai siswa, karena menyangkut pencapaian sekolah rujukan kedepannya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan, Kamis (31/5/2018) di Kantor Pemko Batam.

Tes tertulis dan wawancara dijadwalkan pada 29-30 Juni 2018. Dan hasil PPDB akan diumumkan 2 Juli, dilanjutkan dengan daftar ulang 3-4 Juli 2018.

Sedangkan untuk sekolah yang terapkan sistem zonasi, pendaftaran akan dibuka pada 3-5 Juli. Sistem zonasi ini tetap memperhatikan umur, nilai, jarak rumah ke sekolah hingga waktu siswa mendaftar.

"Setiap siswa diberikan kesempatan memilih dua sekolah di wilayah tempat tinggal mereka."

Editor: Gokli