Pemerintah Bantu Pemkab Anambas Mendirikan SLB
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 25-05-2018 | 17:40 WIB
anak-slb.jpg honda-batam
Ilustrasi anak-anak SLB. (Foto: Antara)

?BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Pusat bantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk membangun Sekolah Luar Biasa (SLB). Pasalnya, Anambas hingga saat ini belum memiliki SLB, sementara ada 170 anak yang berkebutuhan khusus.

"Rencananya pembangunan SLB dilaksanakan pada 2019 mendatang. Ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat termasuk juga dengan tenaga pengajar. Sementara Pemda hanya menyiapkan lahan," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Anambas, Asiah, Jumat (25/5/2018).

Asiah mengakui, SLB sangat penting di Anambas. Mengingat anak yang berkebutuhan khusus selalu bertambah. "Mereka (anak berkebutuhan khusus) juga butuh pendidikan. Kenapa selama ini tidak dibangun, karena kita memiliki keterbatasan anggaran. Dan untuk tenaga pengajarnya juga harus khusus," jelasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Anambas, Dhannun menyampaikan selain anak berkebutuhan khusus, Pemda juga harus memperhatikan anak yang putus sekolah akibat pelecehan seksual.

"Butuh keahlian untuk mendidik anak seperti ini. Agar semangat hidupnya kembali dan wawasannya terbuka. Ini yang harus segera di perhatikan. Termasuk dengan anak yang berkebutuhan khusus saat ini sudah mencapai 170 orang," terangnya.

Dhannun mengakui, saat ini ada anak berkebutuhan khusus bersekolah di Tanjungpinang. Menurutnya hal tersebut dapat dilakukan apabila kondisi ekonomi mendukung.

"Kalau ekonomi lemah, tentu banyak pertimbangan. Meski demikian, kami mengapresiasi upaya Pemda untuk segera membangun SLB di Anambas. Mudah-mudahan bantuan dari Pemerintah Pusat segera terealisasi," tegasnya.

Editor: Dardani