Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BI Kepri Siapkan Rp3 Triliun Uang Pecahan Baru untuk Lebaran
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 25-05-2018 | 14:04 WIB
penukaran-uang-baru1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penukaran uang baru di Kantor BI Kepri. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan Rp 3 triliun uang pecahan ?baru senilai Rp3 triliun untuk lebaran.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putra menjelaskan, untuk penukaran uang bisa dilakukan di Kantor Perwakilan BI Kepri. Selain itu pihaknya juga membuka kas keliling dengan jadwal yang sudah ditentukan.

"Untuk Batam ada 37 titik penukaran uang yang dilakukan oleh 37 bank dengan jumlah paket uang pecahan kecil yang ditukarkan mulai dari pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5.000 dan Rp2000.

Gusti menjelaskan, Kas Keliling mulai diberlakukan mulai tanggal 26 Mei 2018 di Ruko Mega Legenda 2 dan Lapangan Parkir KFC Botania bersama perbankan dengan modal kerja penukaran sebesar Rp1,5 miliar. Kemudian 2 Juni 2018 di Halaman Parkir Food Court Pasar Tiban Center, Halaman Parkir Ex Gedung Hypermart Batu Aji dan Lapangan Komplek SP Plaza Batuaji dengan dana sebesar Rp1,5 miliar.

Selain itu, ada kas keliling dalam Kota sebanyak enam kali yakni tanggal 14 Mei di Pasar Sagulung, 16 Mei di Pasar Pagi Jodoh, 21 Mei di Pasar Penuin Baloi, 23 Mei di Pasar Puja Bahari Nagoya, 28 Mei di Pasar Legenda dan 30 Mei di Pasar Sungai Harapan.

Sementara untuk Tanjungpinang dan Karimun, menghadapi kebutuhan masyarakat jelang lebaran disiapkan kas titipan. Dimana, mereka menggunakan perbankan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kas titipan kita buka di Tanjungpinang, Karimun dan Natuna. Dengan kas titipan, bank-bank itu tidak perlu ke Batam," harap Gusti.

Untuk kas keliling di luar Batam, digelar mulai tanggal 15 - 18 Mei di Moro, Tanjung Batu. Selain itu 22 - 25 Mei di Sedanau, Ranai.? Sementara pengiriman kas titipan 15 - 16 Mei di Tanjungpinang sebanyak Rp 72 miliar dan tanggal 18 - 21 Mei di Tanjung Balai Karimun Rp 56 miliar.

Untuk Anambas, BI membuka layanan penukaran uang pecahan kecil melalui BI jangkau di Anambas, yang termasuk daerah 3T (terdepan, terluar dan terpencil) bekerjasama dengan BPD Riau Kepri. ?Selain itu,

Gusti menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang. Masyarakat diminta untuk selalu cermat dan teliti terhadap ciri keaslian uang Rupiah (Ingat 3D – Dilihat, Diraba, Diterawang).

Editor: Yudha