Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Safari Ramadhan Nurdin, Merangkai Pulau Menjemput Keberkahan
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 23-05-2018 | 08:16 WIB
rangkaian-safari.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat melakukan safari Ramadhan di sejumlah pulau-pulau. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri Nurdin Basirun merangkai sejumlah pulau di Batam sempena safari ramadhan pada Senin (21/5/2018) petang hingga malam.

Di antara pulau yang disinggahi Nurdin adalah Pulau Sarang, Pulau Lengkang dan Pulau Belakangpadang. Selain menampung permintaan masyarakat, Nurdin ikut memotivasi anak-anak pulau bahwa mereka bisa berbuat banyak untuk diri sendiri, dan negeri ini.

Nurdin menampilkan Muhammad Rifki, seorang anak dari Pulau Penarah Karimun yang selalu mewakili Kepri dalam banyak event di bidang Alquran. Baik nasional maupun internasional.

"Anak-anak Kepri memiliki potensi dalam banyak bidang, seperti pengembangn ilmu agama," kata Nurdin di Pulau Sarang.

Masyarakat memang menyampaikan permintaan untuk memudahkan aktivitas mereka. Di antara yang diajukan adalah persoalan listrik yang menyala hanya pada pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB pagi.

Demikian juga dengan transportasi sekolah. Sejumlah peralatan nelayan juga mereka ajukan demi meningkatkan aktivitas menangkap ikan.

Gubernur Nurdin langsung memerintahkan Kepala Dinas ESDM Amjon dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Edy Sofyan untuk mengkaji bantuan yang bisa diberikan kepada masyarakat.

Untuk pengembangan ilmu agama, Nurdin mengatakan bantuan kepada masjid dan TPQ menjadi prioritas utama. "Pembangunan masjid di suatu daerah sangat penting. Masjid itu akan menjadi ikon pulau-pulau tersebut," kata Nurdin.

Nurdin berpesan kepada orangtua untuk mendorong anak-anaknya untuk mendapatkan ilmu agama. Soal pendidikan juga, Nurdin menyampaikan ada Sekolah Polisi Negara di Tanjungbatu yang bisa menjadi tujuan anak-anak untuk melanjutkan pendidikan.

Di Pulau Lengkang, Nurdin berpesan kepada masyarakat untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan. Tentang permintaan masyarakat soal pelabuhan, listrik dan jalan, Nurdin akan mengkomunikasikannya.

"Alhamdulillah kita dapat mendengar langsung apa yang menjadi keinginan masyarakat. Semoga kita bisa membantu menyelesaikannya. Memang kita sekarang sedang merangkai pulau menjemput keberkahan," kata Nurdin di Masjid Al Mukarramah, Pulau Lengkang.

Di Masjid At Taqwa Belakangpadang, Nurdin mengatakan ibadah puasa mengajarkan diri umat untuk melatih kesabaran, menjaga emosi dan nafsu.

Menurut Nurdin, pembangunan masjid-masjid harus menjadi prioritas. Karena dari sini akhlak anak-anak dibentuk.

Nurdin mengatakan, Ramadhan juga membawa berkah ekonomi yang tidak terkira. Sebagai contoh, Nurdin menggambarkan suasana pasar dadakan yg menjamur di pinggir jalan dan di perumahan. Begitu banyaknya yangg berjualan, siapa sangka akan ada yang beli dan habis.

Semua itu karena Allah. Banyak juga yang membeli, dan akhirnya habis, ekonomi berputar. "Rezeki, jodoh, maut sudah ditentukan oleh Allah, yang penting kita istiqamah dalam menjalani hidup ini," kata Nurdin.

Editor: Gokli